ANALISIS DETERMINAN TIMELINESS : FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN (Studi Kajian pada Emiten Kompas 100 Tahun 2008-2011)

BOY ARTHUR SAUT P. SIMBOLON

Informasi Dasar

17.04.3948
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan merupakan aspek penting dalam menjaga relevansi dari informasi yang dibutuhkan para pengguna laporan keuangan. Laporan keuangan sebagai sebuah informasi akan bermanfaat apabila informasi yang dikandungnya disediakan tepat waktu bagi pengguna sebelum informasi tersebut kehilangan manfaatnya dalam mempengaruhi pengambilan keputusan, terutama dalam perusahaan go public yang memiliki kewajiban menyampaikan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit secara tepat waktu.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal perusahaan penyebab (determinan) timeliness pada emiten yang terdaftar dalam indeks Kompas 100 periode tahun 2008-2011. Faktor-faktor yang dianalisis dalam penelitian ini terdiri dari faktor internal yaitu profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan dan faktor eksternal yaitu ukuran KAP sebagai variabel independen serta timeliness sebagai variabel dependen.
Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Unit analisis pada penelitian ini adalah perusahaan yang listing di Indeks Kompas 100 dengan sampel berdasarkan purposive sampling sebanyak 85 emiten. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang sudah memenuhi syarat pengujian asumsi klasik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan faktor internal perusahaan yaitu profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan dan faktor eksternal yaitu ukuran KAP berpengaruh signifikan terhadap timeliness. Faktor internal dan eksternal perusahaan yang berpengaruh  signifkan secara parsial terhadap timeliness adalah ukuran perusahaan, sedangkan profitabilitas, solvabilitas, dan ukuran KAP tidak berpengaruh signifikan terhadap timeliness.

Keywords: profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, ukuran KAP, timeliness.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

ANALISIS DETERMINAN TIMELINESS : FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN (Studi Kajian pada Emiten Kompas 100 Tahun 2008-2011)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BOY ARTHUR SAUT P. SIMBOLON
Perorangan
MAJIDAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini