ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN(Studi Pada Perusahaan Wholesale and Retail Trade Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011)

BAYU NUGROHO PUTRO

Informasi Dasar

17.04.3944
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Modal kerja memiliki sifat yang fleksibel, besar kecilnya modal kerja dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Menetapkan modal kerja yang terdiri dari kas, piutang dan persediaan yang harus dimanfaatkan seefisien mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari perputaran kas, perputaran persediaan, perputaran piutang, serta perputaran modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan dalam hal ini yaitu return on investment (ROI).
Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan wholesale and retail trade yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2011. Metode pengambilan sampel yaitu menggunakan metode purposive sampling dimana pengambilan sampel didasarkan pada kriteria tertentu dan diperoleh 24 perusahaan sebagai sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil secara simultan dengan uji F menunjukkan bahwa semua variabel tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas perusahaan (ROI). Hasil uji t juga menunjukkan bahwa perputaran kas, perputaran persediaan, perputaran piutang, dan perputaran modal kerja tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas perusahaan (ROI). Nilai koefisien determinasi R2 diperoleh sebesar 0,149 yang berarti bahwa sebesar 14,9% perputaran kas, perputaran persediaan, perputaran piutang dan perputaran modal kerja berpengaruh  terhadap tingkat profitabilitas, sedangkan 85,1% dipengaruhi oleh faktor faktor-faktor lain.

Kata kunci: ROI, perputaran kas, perputaran persediaan, perputaran piutang, dan perputaran modal kerja.

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN(Studi Pada Perusahaan Wholesale and Retail Trade Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAYU NUGROHO PUTRO
Perorangan
Deannes Isynuwardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini