Analisis Perbedaan Prediksi Financial Distress dengan Menggunakan Model Altman Z-Score dan Springate Pada Sektor Pertambangan yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI)

ARINA ELVARETTA

Informasi Dasar

17.04.3921
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sepanjang tahun 2011, sejumlah emiten pertambangan mengalami penurunan yang sangat signifikan karena perekonomian global kurang baik dibanding tahun sebelumnya. Krisis finansial yang melanda beberapa negara di Eropa telah menjadi sebuah batu sandungan bagi ekonomi global untuk melanjutkan tren positifnya mulai dari tahun 2010. Sejumlah emiten pertambangan yang listing di BEI merasakan dampak negatif akibat dari penurunan harga komoditas yang dipicu dari berkurangnya permintaan ekspor. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai Analisis Perbedaan Prediksi Financial Distress dengan menggunakan Model Altman Z-Score dan Springate pada Sektor Pertambangan yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan-perusahaan pertambangan diteliti dengan menggunakan analisis Altman Z-Scoredan Springate dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai Altman Z-Score dan Springate. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu Model Altman Z-Score (X1)dan Model Springate (X2). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Sampel yang digunakan adalah 20 perusahaan pertambangan yang listing di Bursa Efek Indonesia dari periode 2009-2011. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test. Dari hasil penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil prediksi financial distress antara Model Altman Z-Score dan Springate pada perusahaan pertambangan yang listing di BEI. Hasil ini berdasarkan perhitungan paired samples t-test, diperoleh t-hitung sebesar 5,644> t-tabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < ? = 5%. Perbedaaan hasil antara kedua model tersebut disebabkan oleh perbedaan penetapan nilai ¬cut-off masing-masing model, pembagian kategori kondisi untuk perusahaan-perusahaan yang diprediksi mengalami financial distress, dan adanya beberapa perbedaan dari sisi penggunaan rasio keuangan.

Kata Kunci: Financial Distress, Altman Z-Score, Springate

Subjek

MANAGEMANT ACCOUNTING
 

Katalog

Analisis Perbedaan Prediksi Financial Distress dengan Menggunakan Model Altman Z-Score dan Springate Pada Sektor Pertambangan yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARINA ELVARETTA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini