Analisis Pengaruh Faktor EPS, DER, ROA, dan ROE terhadap Return Saham dengan Size dan Umur Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol( Studi Pada Perusahaan Telekomunikasi yang Go Public di BEI Periode 2007-2012)

ANGELIA SIHOMBING

Informasi Dasar

17.04.3919
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam menanamkan modal atau berinvestasi di pasar modal, tentu investor menginginkan return saham yang tinggi dengan tingkat risiko yang kecil. Return saham yang digunakan dalam penelitian ini adalah return realisasi yang dihitung berdasarkan data historis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apa pengaruh earning per share (EPS), debt to equity ratio (DER), return on asset (ROA) dan return on equity (ROE) secara simultan dan parsial terhadap return saham dengan atau tanpa variabel kontrol size dan umur perusahaan. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2012, dengan pemilihan sampel menggunakan sampling jenuh diperoleh sampel sebanyak 5 perusahaan. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan analisis data panel untuk menguji pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen dengan atau tanpa variabel kontrol size dan umur perusahaan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan earning per share, debt to equity ratio, return on asset dan return on equity dengan atau tanpa variabel kontrol tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham. Secara parsial variabel earning per share, debt to equity ratio, return on asset dan return on equity tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap return saham. Berdasarkan pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai determinasi R-squared tanpa variabel kontrol diperoleh sebesar 0.029986, dengan variabel kontrol size atau umur perusahaan sebesar 0.157165, dan dengan variabel kontrol size dan umur perusahaan sebesar 0.163365. Hal ini berarti bahwa 2.9986 persen return saham dapat dijelaskan oleh variabel earning per share, debt to equity ratio, return on asset dan return on equity. 15.7165 persen return saham dapat dijelaskan oleh variabel EPS, DER, ROA, dan ROE dengan menggunakan variabel kontrol size atau umur perusahaan, serta 16.3365 persen return saham dapat dijelaskan oleh variabel EPS, DER, ROA, dan ROE dengan menggunakan variabel kontrol size dan umur perusahaan. Sedangkan sisanya 97.0014 persen, 84.2835 persen, dan 83.6635 persen return saham dapat dijelaskan oleh variabel lain atau faktor-faktor lain yang belum dimasukkan dalam penelitian ini.

Kata kunci: earning per share, debt to equity ratio, return on asset dan return on equity, dan return saham

Subjek

MANAGEMANT ACCOUNTING
 

Katalog

Analisis Pengaruh Faktor EPS, DER, ROA, dan ROE terhadap Return Saham dengan Size dan Umur Perusahaan Sebagai Variabel Kontrol( Studi Pada Perusahaan Telekomunikasi yang Go Public di BEI Periode 2007-2012)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGELIA SIHOMBING
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini