ANALISIS KOMPARATIF 10 DIMENSI USABILITY HEURISTICS PADA SISTEM INFORMASI INTERNET BANKING BCA DAN INTERNET BANKING MANDIRI BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA

Siti Elliyana

Informasi Dasar

17.04.3905
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perubahan perilaku konsumen Indonesia saat ini salah satunya adalah konsumen menginginkan segalanya serba instan, baik dalam hal menemukan produk untuk dikonsumsi maupun dalam hal pembayaran. Hal tersebut mendukung kegiatan e-commerce di Indonesia yang saat ini sedang digemari. Berbicara mengenai e-commerce, maka internet banking adalah salah satu sistem informasi yang sangat membantu dalam memudahkan transaksi keuangan antara pelaku e-commerce. BCA dan Bank Mandiri merupakan dua perusahaan bank yang bersaing dalam pendapatan maupun jumlah nasabahnya, namun dalam hal internet banking berdasarkan beberapa survei yang dilakukan terhadap penggunanya, internet banking BCA lebih unggul dibandingkan internet banking Mandiri.

Beberapa teori da fakta mengatakan bahwa usability adalah hal yang harus diperhatikan dalam melakukan desain terhadap setiap sistem informasi termasuk internet banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan 10 dimensi usability heuristics antara internet banking BCA dan internet banking Mandiri. Penelitian ini didukung oleh beberapa teori, antara lain teori mengenai sistem informasi , usability, dan 10 usabily heuristics for user interface design.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan komparatif. Data primer diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 200 responden dengan desain pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah T-Test Independen Sample. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 10 dimensi usability heuristics sebagai variabel bebas dan tidak terikat dengan variabel lainnya.

Berdasarkan tanggapan responden bahwa terdapat perbedaan signifikan pada empat variabel (user control and freedom, error prevention, flexibility and efficiency of use, aesthetic and minimalist design) antara internet banking BCA dan internet banking Mandiri. Untuk internet banking BCA, hasil penelitian menunjukkan nilai sangat baik pada sembilan variabel dan nilai baik pada satu variabel sisanya, yaitu user control and freedom. Sedangkan untuk internet banking Mandiri, hasil penelitian menujukkan nilai sangat baik pada tujuh variabel dan nilai baik pada 3 variabel sisanya, yaitu error prevention, flexibility and efficiency of use, aesthetic and minimalist design.

Kata kunci : Komparatif, Sistem Informasi, internet banking, 10 usability for user interface design.

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

ANALISIS KOMPARATIF 10 DIMENSI USABILITY HEURISTICS PADA SISTEM INFORMASI INTERNET BANKING BCA DAN INTERNET BANKING MANDIRI BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Siti Elliyana
Perorangan
PUSPITA KENCANA SARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini