Analisis Motif dan Kepuasan Audien di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat Dalam Menonton Sinetron “Tukang Bubur Naik Haji the Series” di RCTI

Ari Anjar Wiranti

Informasi Dasar

17.04.3860
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Ari Anjar Wiranti, 1204090158, Analisis Motif dan Kepuasan Audien di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat Dalam Menonton Sinetron “Tukang Bubur Naik Haji the Series” di RCTI, Pembimbing: Endri Listiani S.IP. Msi, 2013, 201 halaman + i-xvi, 13 literatur (2006-2013).

Sinetron Tukang Bubur Naik Haji the Series terpilih menjadi pemenang di ajang bergengsi Panasonic Gobel Awards 2013 pada katagori Program Drama Seri. Kesuksesan dari sinetron Tukang Bubur Naik Haji the Series tentunya tidak lepas dari peran masyarakat sebagai konsumen aktif yang selalu setia menyaksikan setiap episode dari sinetron yang tayang stripping ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dan kepuasan audien di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dalam menonton sinetron Tukang Bubur Naik Haji the Series di RCTI. Teori utama yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah teori penggunaan dan kepuasan (uses and gratification theory).
Variabel bebas yang diteliti adalah motif (gratification sought) sedangkan variabel tak bebas yang diteliti adalah kepuasan (gratification obtained). Populasi dalam penelitian ini adalah wanita yang berusia 30-49 tahun di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam peneitian ini adalah uji wilcoxon dengan menggunakan software SPSS versi 20 for Windows.
Dalam penelitian ini ditemukan ada sebanyak 78 orang responden yang merasa bahwa nilai kepuasan mereka lebih tinggi dibandingkan dengan nilai motif, sebanyak 16 orang responden lainnya merasa bahwa nilai kepuasan mereka lebih rendah dibandingkan nilai motif, sementara sebanyak enam orang responden lainnya merasa bahwa nilai kepuasan mereka sama dengan nilai motif.

Dari hasil analisis data, diketahui bahwa terdapat perbedaan nilai motif dan kepuasan audien di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dalam menonton sinetron Tukang Bubur Naik Haji the Series di RCTI.

Kata kunci : uses and gratification theory

Subjek

COMMUNICATION-MEDIA
 

Katalog

Analisis Motif dan Kepuasan Audien di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat Dalam Menonton Sinetron “Tukang Bubur Naik Haji the Series” di RCTI
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ari Anjar Wiranti
Perorangan
ENDRI LISTIANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini