Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laba dan nilai perusahaan(studi pada emiten Jakarta Islamic Indeks (JII) periode tahun 2006-2010)

PRAMADITA RIZKY

Informasi Dasar

17.04.3859
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Ukuran kinerja suatu perusahaan yang sering digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan adalah laba yang dihasilkan perusahaan. Laba yang diukur atas dasar akrual dianggap sebagai ukuran yang lebih baik atas kinerja perusahaan dibandingkan arus kas operasi karena akrual mengurangi masalah waktu. Tujuan utama perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan. Rendahnya kualitas laba akan dapat membuat kesalahan pembuatan keputusan para pemakai informasi laporan keuangan seperti investor. Apabila laba tidak menunjukkan informasi sebenarnya tentang kinerja manajemen, maka laporan keuangan tidak akan menunjukkan nilai perusahaan yang sebenarnya. 
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional, struktur modal, profitabilitas, investment opportunity set (IOS), dan likuiditas secara simultan dan parsial terhadap discretionary accruals (kualitas laba) dan nilai perusahaan. Penelitian ini juga menguji pengaruh discretionary accruals (kualitas laba) terhadap nilai perusahaan.
 Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitan deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan yang terdaftar dalam  Jakarta Islamic Index periode tahun 2006-2010 di Bursa Efek Indonesia, dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 13 perusahaan. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda yang sudah memenuhi syarat pengujian asumsi klasik. 
 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kepemilikan institusional, struktur modal, profitabilitas, investment opportunity set (IOS), dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap discretionary accruals (kualitas laba) dan nilai perusahaan. Faktor –faktor yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap discretionary accruals (kualitas laba) adalah profitabilitas, investment opportunity set (IOS) dan likuiditas, sedangkan faktor –faktor yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap nilai perusahaan adalah struktur modal, profitabilitas, investment opportunity set (IOS) dan likuiditas. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa discretionary accruals (kualitas laba) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: kepemilikan institusional, struktur modal, profitabilitas, investment opportunity set (IOS), likuiditas, discretionary accruals (kualitas laba), nilai perusahaan

Subjek

MANAGEMENT ACCOUNTING
 

Katalog

Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas laba dan nilai perusahaan(studi pada emiten Jakarta Islamic Indeks (JII) periode tahun 2006-2010)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PRAMADITA RIZKY
Perorangan
Deannes Isynuwardhana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini