PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN(Studi Pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) Periode Tahun 2005-2009)

NANDA IQBAL IBRAHIM

Informasi Dasar

17.04.3848
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Kualitas produk merupakan salah satu indikator penting dalam perkembangan suatu perusahaan. Perusahaan yang melakukan produksi tanpa memperhatikan kualitas produknya, sama saja dengan menghilangkan harapan masa depan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini konsumen semakin kritis dalam memilih dan menentukan produk yang akan dibeli. Konsumen cenderung berani membeli sebuah produk yang berkualitas baik meskipun dengan harga yang relatif mahal. Biaya kualitas digunakan bagi manajemen atau pihak terkait untuk mempermudah melakukan analisis terhadap elemen-elemen biaya kualitas baik itu dari segi perilakunya maupun hubungan antar masing-masing elemen dari biaya tersebut serta pengaruhnya terhadap variabel lain di luar biaya kualitas, misalnya dengan tingkat produktifitas dan profitabilitas perusahaan. Tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi terhadap kualitas suatu produk yang baik memungkinkan perusahaan untuk meraih pasar yang yang lebih luas. Sehingga dengan pasar yang lebih luas, penjualan perusahaan akan terus merangkak naik berbanding lurus dengan pendapatan bersih. Hingga pada akhirnya dengan pendapatan yang lebih tinggi dan biaya yang lebih rendah mendorong profitabilitas yang ditandai dengan meningkatnya profit perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan perusahaan dalam hal pembebanan biaya kualitas, mengetahui kondisi profitabilitas perusahaan (yang diproksi menggunakan Return On Asset, Profit On Sales, dan Gross Profit Margin), serta menguji bukti empiris pengaruh biaya kualitas terhadap profitabilitas PT. INTI (Persero), Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis data kuantitatif, dan sumber data primer dan sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Untuk mengetahui pengaruh biaya kualitas terhadap profitabilitas PT. INTI (Persero) digunakan pengujian statistik sebagai berikut, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, koefisien determinasi, uji regresi sederhana, dan uji t dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 19.0 for windows. Hasil analisis statistik menunjukan adanya pengaruh yang negatif antara biaya kualitas dengan Return On Asset dan Profit On Sales. Kemudian memiliki pengaruh positif antara biaya kualitas dengan Gross Profit Margin. Kata Kunci: Biaya Kualitas, Profitabilitas, Akuntansi Manajemen

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION BY MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN(Studi Pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) Periode Tahun 2005-2009)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NANDA IQBAL IBRAHIM
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini