ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DALAM MINAT BELI ULANG MENGGUNAKAN JASA MASKAPAI PENERBANGAN MEDIUM SERVICE RUTE JAKARTA – SURABAYA DI BANDARA SOEKARNO-HATTA PADA TAHUN 2011(STUDI PADA: BATAVIA AIR, SRIWIJAYA AIR, DAN MERPATI NUSANTARA AIRLINES)

RIZKY HYANG PRAMESTI

Informasi Dasar

17.04.3707
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor preferensi konsumen dalam minat beli ulang menggunakan jasa maskapai penerbangan medium service rute Jakarta – Surabaya di Bandara Soekarno-Hatta pada tahun 2011 (studi pada: Batavia Air, Sriwijaya Air, dan Merpati Nusantara Airlines). Penelitian ini lebih mengarahkan kepada kualitas pelayanan di dalam penerbangan (in flight service). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah lima dimensi dari service quality (SERVQUAL), yaitu berwujud (tangible), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), kepastian (assurance), dan empati (empathy). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor dengan pengujian validitasnya memperhatikan nilai variance dan factor loading. Dan untuk pengujian reliabilitasnya menggunakan uji statistik Barlett Test Sphericity. Analisis data ini menggunakan Principal Component Analysis, yaitu suatu metode analisis faktor yang mengekstrak faktor dengan menggunakan total varians dalam analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trust memberikan kontribusi sebesar (37,54%), service (11.17%), kondisi pesawat (6.34%), accessbility (5.973%), accuracy (5.71%) dan interacity and communication (4.76%) menjadi faktor yang menentukkan preferensi konsumen dalam minat beli ulang menggunakan jasa maskapai penerbangan medium service (studi pada: Batavia Air, Sriwijaya Air, dan Merpati Nusantara Airlines) rute Jakarta – Surabaya di Bandara Soekarno-Hatta. Dengan mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi preferensi konsumen dalam minat beli ulang menggunakan jasa maskapai penerbangan medium service, perusahaan maskapai seharusnya bisa mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanannya. Namun masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki kualitas pelayanannya, yaitu pada pelayanan sistem bagasi dan pelayanan crew tidak berbelit-belit yang juga dapat menimbulkan preferensi konsumen dalam minat beli ulang menggunakan jasa maskapai penerbangan medium service (Batavia Air, Sriwijaya Air, dan Merpati Nusantara Airlines).

Kata Kunci: Preferensi Konsumen, Minat Beli Ulang, Kualitas Layanan Maskapai Penerbangan, Service Quality, Perilaku Konsumen.

Subjek

MANAGEMENT MARKETING
 

Katalog

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DALAM MINAT BELI ULANG MENGGUNAKAN JASA MASKAPAI PENERBANGAN MEDIUM SERVICE RUTE JAKARTA – SURABAYA DI BANDARA SOEKARNO-HATTA PADA TAHUN 2011(STUDI PADA: BATAVIA AIR, SRIWIJAYA AIR, DAN MERPATI NUSANTARA AIRLINES)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKY HYANG PRAMESTI
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini