Analisis Eco Industrial Park dalam Mewujudkan Green Tourism di Kawasan Wisata Belanja Jalan Riau, Bandung (Studi di The Summit dan The Secret Factory Outlet)

TANITA NURISMAWATI

Informasi Dasar

17.04.3683
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bandung memiliki daya tarik wisata dengan nama ‘Paris Van Java’. Tak heran bila Bandung menjadi sebuah kota tujuan para wisatawan lokal dan mancanegara. Terlebih lagi Bandung sangat terkenal dengan wisata belanja yang ditawarkan baik dalam bentuk tradisional maupun modern seperti factory outlet yang banyak sekali terdapat di kawasan terkenal di Bandung salah satunya kawasan Jalan Riau. Daya tarik wisata belanja yang sangat tinggi membuat kawasan wisata belanja ini memiliki kepadatan yang tinggi pula sehingga berdampak pada kualitas lingkungan sekitar kawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana prinsip Eco Industrial Park diterapkan pada factory outlet yang mana adalah pelaku dalam industri pariwisata di kawasan Jalan Riau, Bandung dalam membangun kualitas industri pariwisata yang berwawasan lingkungan sehingga mewujudkan kondisi Green Tourism di kawasan tersebut. Data diperoleh dengan cara melakukan wawancara terhadap 5 responden. Dua factory outlet sebagai objek penelitian dan satu dari pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel dilakukan sengan metode purposive sampling. Adapun teknik analisisnya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip-prinsip Eco Industrial Park pada factory outlet di kawasan Jalan Riau, Bandung belum cukup kuat dalam integrasinya dengan perusahaan sekitar sejenis dalam kawasan maupun pihak ketiga yang terkait. Factory outlet di kawasan Jalan Riau, Bandung khususnya The Summit dan The Secret bisa lebih mendalami prinsip-prinsip dalam Eco Industrial Park, mengingat penerapannya sudah ada namun belum maksimal karena masih bersifat individu. Diharapkan kedepannya ada hubungan terintegrasi baik itu dengan perusahaan sekitar sejenis dalam kawasan, pengelola kawasan, maupun pemerintah dalam usaha membangun industri pariwisata yang berwawasan lingkungan sehingga tercipta kondisi Green tourism dimana pelaku pariwisata serta wisatawan dapat membangun suatu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dalam pariwisata Kota Bandung.

Kata Kunci: Factory Outlet, Eco Industrial Park, Industri Pariwisata, Green Tourism.

Subjek

BUSINESS ENVIRONMENT
 

Katalog

Analisis Eco Industrial Park dalam Mewujudkan Green Tourism di Kawasan Wisata Belanja Jalan Riau, Bandung (Studi di The Summit dan The Secret Factory Outlet)
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TANITA NURISMAWATI
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini