IMPLEMENTASI SPEECH RECOGNITION SYSTEM SEBAGAI COMMAND INPUT PADA GAME YANG BERBASISKAN CLOUD GAMING

INDRA PERDANA PUTRA SUTEJO

Informasi Dasar

17.04.3676
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan majunya industri gaming dan masuk ke dalam fasa Next Generation Gaming, tidak ragu lagi kebutuhan orang-orang akan hal gaming sangatlah besar. Dari perkembangan tersebut, salah satu teknologi baru yang muncul adalah sistem pengenal suara sebagai input suatu perintah untuk berinteraksi dan konsep cloud gaming. Pada penelitian ini, akan dibahas tentang konsep cloud gaming dan mengimplementasikan speech recognition system sebagai sistem inputnya. Dengan menggunakan GamingAnywhere sebagai platform cloud-gaming dan FreeePIE sebagai platform untuk membangun speech recognition system sebagai sistem inputnya.

Pada server GamingAnywhere , game akan dijalankan dan audio/video frames akan dicapture lalu dienkode sesuai dengan encoder yang dipakai dan siap untuk dikirimkan ke sisi client. Client dapat terhubung dengan server baik melalui WLAN ataupun internet. Setelah client berhasil terhubung dengan server, paket audio/video yang telah dienkode akan dikirimkan ke sisi client. Untuk sistem input¬, fungsi keyboard digantikan dengan speech-to-keyboard atau lebih dikenal dengan speech-to-text, sehingga suara yang dihasilkan oleh client akan diolah dan diubah ke dalam stroke keyboard sesuai dengan library yang sebelumnya telah diatur.

Dengan menggunakan cloud gaming GamingAnywhere dan platform speech recognition system FreeePIE, client akan dapat memainkan game berspesifikasi tinggi pada perangkat miliknya yang berspesifikasi lebih rendah dan dengan sistem input menggunakan perintah suara. Dari hasil pengukuran, dapat dilihat bahwa client hanya membutuhkan 34-40% CPU usage dan 59-76 MB RAM untuk memainkan game NEVERBALL dan 22-25 % CPU usage dan 56-81 MB RAM untuk memainkan game 7 Days to Die. FPS yang dicapai oleh client pada game NEVERBALL bernilai 37-44 frame/second dan pada game 7 Days to Die , FPS yang dicapai bernilai 13-15 frame/second. Lama delay process yang dicapai oleh sistem input menggunakan speech pada platform FreeePIE bernilai sebesar 0.624 detik pada game NEVERBALL dan bernilai 0.671 detik pada game 7 Days to Die dengan tingkat akurasi sistem secara keseluruhan bernilai 73.3% pada kondisi sunyi (± 20dB) dan sedikit bising (± 50dB) dan bernilai 36.67% pada kondisi sangat bising ((± 70dB).

Kata Kunci : Cloud gaming, GamingAnywhere, Speech recognition system , Speech to Text. FreeePIE.

Subjek

CLOUD COMPUTING
 

Katalog

IMPLEMENTASI SPEECH RECOGNITION SYSTEM SEBAGAI COMMAND INPUT PADA GAME YANG BERBASISKAN CLOUD GAMING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INDRA PERDANA PUTRA SUTEJO
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • TTH4B4 - TUGAS AKHIR
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini