PENENTUAN INFORMASI MENGENAI RANTAI PASOK PADA WEBSITE KARTIKA SARI MENGGUNAKAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Pada Toko Bakery Halal Kartika Sari )

TAMIA PRATALIA

Informasi Dasar

17.04.3661
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Pada setiap perusahaan mempunyai alur distribusi dari pengiriman barang hingga sampai pada konsumen atau dapat dikatakan supply chain management (SCM). Industri bakery pun memilki alur distribusi dalam perusahaan, pada perkembangannya perusahaan bakery sudah mulai menggunakan teknologi. Penelitian ini hadir untuk memudahkan konsumen dalam mengetahui informasi produk dengan adanya website informasi rantai pasok pada bakery Kartika Sari. Tujuan dalam penelitian ini untuk dapat mengetahui karakteristik informasi rantai pasok yang memudahkan dalam mengetahui yang diinginkan konsumen bakery Kartika Sari pada pemberian informasi produk dengan cepat dan tepat. Pada penggunaan pendekatan QFD membantu dalam menentukan kebutuhan dari konsumen. Sedangkan variabel SCOR (supply chain operation reference) yang memiliki lima proses inti yaitu plan, source, make, deliver dan return untuk menentukan apa saja yang menjadi customer requirement, dan setelah diketahui semua keinginan konsumen akan dimasukan pada HOQ (house of quality). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif atau mixed method dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik sample yang digunakan pada penelitian ini non-probability dengan metode perposive sampling, untuk pengambilan data kuesioner diberikan kepada 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian, maka telah ditemukan sebanyak 13 kebutuhan berdasarkan customer requirements, terdapat 8 technical requirement yang didapatkan dari ahli dan memiliki 18 hubungan antara customer requirement dan technical requirement. Dari hasil customer requirement yang memiliki bobot paling besar adalah “pada website informasi rantai pasok bakery Kartika Sari yang akan dibuat, sebaiknya terdapat menu/fitur untuk dapat menampung kritik maupun saran mengenai ketidak puasan konsumen terhadap produk bakery Kartika Sari” dengan bobot sebesar 13 pada variabel return, dan untuk bobot technical requirement yang memiliki bobot terbesar adalah “membuat menu atau fitur video” yaitu sebesar 126. Pada hasil penelitian ini pada perusahaan dapat membuat web informasi rantai pasok yang didapat dari karakteristik yang telah diketahui dan melihat dari hasil customer requirement yang memiliki bobot yang besar.

Kata Kunci: Informasi Rantai Pasok, SCM (supply chain management), SCOR, QFD (quality function deployment), Customer Requirement

Subjek

OPERATION MANAGEMENT
 

Katalog

PENENTUAN INFORMASI MENGENAI RANTAI PASOK PADA WEBSITE KARTIKA SARI MENGGUNAKAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Pada Toko Bakery Halal Kartika Sari )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TAMIA PRATALIA
Perorangan
RATIH HENDRAYANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini