PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SIMULATOR PERENCANAAN JARINGAN SERAT OPTIK UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIK (THE DESIGNING AND MAKING OF FIBER OPTIC NETWORK PLANNING SIMULATOR FOR EDUCATIONAL PURPOSE)

IRFAN PRAMUJI NUGROHO

Informasi Dasar

611030046
621.369 2
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Proyek perancangan dan pembuatan simulator perencanaan jaringan serat optik ini bermaksud untuk menambahkan fasilitas bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa diploma III yang melakukan pratikum sistem komunikasi serat optik. Dengan adanya simulasi ini para mahasiswa diaharapkan akan lebih mudah dalam memahami perencanaan jaringan serat optik.
Jaringan serat optik merupakan jaringan yang dapat menyalurkan data dengan keuntungan-keuntungan sebagin berikut: bandwidth yang lebar, loss transmisi rendah, kabel yang kecil dan ringan, kebal terhadap interferensi, dan keamanan data yang baik dan juga dapat melayani berbagai macam layanan pengiriman informasi yang meliputi : komputer (internet), telepon, fax, TV dan pelayanan informasi yang lain dengan dengan satu media transmisi, yaitu kabel serat optik.
Jaringan telekomunikasi media serat optik merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi dibidang telekomunikasi yang harus secara cepat diketahui dan dimengerti oleh para mahasiswa, sehingga sangat dibutuhkan suatu alat ajar yang dapat membantu para mahasiswa dalam memahami jaringan serat optik tersebut.
Hasil dari simulator perencanaan jaringan serat optik yang dibuat adalah parameter power link budget dan rise time budget dari perencanaan jaringan serat optik. Dengan melakukan penentuan parameter atau perangkat penyusun jaringan serat optik berkali-kali maka akan didapatkan nilai power link budget dan rise time budget yang memenuhi sistem.

Subjek

FIBRE OPTICS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SIMULATOR PERENCANAAN JARINGAN SERAT OPTIK UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIK (THE DESIGNING AND MAKING OF FIBER OPTIC NETWORK PLANNING SIMULATOR FOR EDUCATIONAL PURPOSE)
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRFAN PRAMUJI NUGROHO
Perorangan
- , -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini