Implementasi Seamless Multiprotocol Label Switching (MPLS) untuk Pengendalian Terpusat pada Jaringan MPLS (Studi Kasus Laboratorium Telkom RDC)

NISA AULIA NURHASANAH

Informasi Dasar

17.04.3567
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Multiprotocol Label Switching (MPLS) merupakan platform packet transport yang digunakan saat ini, di mana MPLS dapat mengelola jaringan dengan lebih mudah dan biaya yang lebih murah. Konsep dasar MPLS sendiri adalah melekatkan informasi dalam label pada paket IP. Karena kelebihannya tersebut, beberapa pihak ingin mengimplementasikan MPLS end-to-end. Namun MPLS juga memiliki beberapa kekurangan salah satunya adalah lamanya profisioning suatu service pada network MPLS yang berbeda domain sehingga diperlukan inovasi platform MPLS yang dapat mengembangkan cakupan MPLS dan memperbaiki kekurangannya . Oleh karena itu, munculah Seamless MPLS sebagai solusi dari semua permasalahan di atas. Seamless MPLS mengacu pada pembentukan sebuah control plane IP/MPLS terpadu untuk semua perangkat IP. Seamless MPLS memungkinkan operator untuk memberikan layanan lebih cepat dan menurunkan cost. Pada penelitian ini, dibahas tentang analisis implementasi Seamless MPLS untuk pengendalian terpusat pada jaringan MPLS yang disimulasikan di Telkom RDC Bandung. Pemilihan lokasi ini didasari pada ketersediaan perangkat simulator yang ada di lab RDC sehingga dapat mensimulasikan skenario sistem yang akan dibuat. Dari hasil pengujian yang dilakukan pada jaringan MPLS dan jaringan Seamless MPLS didapatkan perbaikan beberapa kualitas performansi pada jaringan Seamless MPLS yaitu parameter delay sebesar 49,37% saat background traffic 0 dengan penyuntikan tabel routing 30.000 routes. Juga terjadi efisiensi penggunaan kapasitas memori pada router PE di domain 2 sebesar ±7 % saat penambahan 30 routes, ±8% saat penambahan 300 routes, ±16,5% saat penambahan 3000 routes, ±76 % saat penambahan 30000 routes.

Kata kunci: MPLS, Seamless MPLS, BGP-LU.

Subjek

TELECOMMUNICATION ENGINEERING
 

Katalog

Implementasi Seamless Multiprotocol Label Switching (MPLS) untuk Pengendalian Terpusat pada Jaringan MPLS (Studi Kasus Laboratorium Telkom RDC)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NISA AULIA NURHASANAH
Perorangan
Ida Wahidah, Bambang Cahyono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • TTH4B4 - TUGAS AKHIR
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini