Modifikasi Low Energy Adaptive Clustering Hierarchy (LEACH) dengan Penambahan Multihop Cluster Head dan Data Threshold berbasis TinyOS

Agung Nugroho Jati

Informasi Dasar

211100001
004.66
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Penelitian tentang mekanisme routing pada jaringan sensor nirkabel merujuk pada suatu cara untuk melakukan efisiensi konsumsi energi sehingga mampu mengoptimalkan network lifetime. Hal ini disebabkan setiap node pada jaringan sensor nirkabel memiliki keterbatasan catu daya.
Low-Energy Adaptive Clustering Hierarchy (LEACH) melakukan rotasi peranan CH setiap round berdasarkan tingkat probabilitas optimum masing-masing node dalam jaringan. Adanya ketidakseragaman persebaran CH dalam jaringan berakibat pada turunnya performa jaringan seperti packet loss yang besar. Pada tesis ini, dilakukan pembatasan data yang harus dikirim, serta kemampuan untuk melakukan multihop routing.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa LEACH yang telah dimodifikasi memiliki perbaikan konsumsi dan pemerataan distribusi energi karena terjadi pemilihan data yang perlu untuk dikirim. Selain itu, latency dan packet loss yang diperoleh memiliki hasil yang lebih baik hingga satu setengah kali dibanding dengan LEACH. Hal ini disebabkan oleh dimilikinya jangkauan bagi setiap node yang bahkan berada pada jarak yang jauh terhadap BS sekalipun melalui mekanisme multihop.

Subjek

SWITCHING METHODS
 

Katalog

Modifikasi Low Energy Adaptive Clustering Hierarchy (LEACH) dengan Penambahan Multihop Cluster Head dan Data Threshold berbasis TinyOS
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Agung Nugroho Jati
Perorangan
Dr. Rendy Munadi, Ir., MT. , Sony Sumaryo, Ir., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini