Implementasi Sistem Kendali Auto Pilot Pada Pesawat Nirawak APTRG (Aeromodelling, Payload, and Telemetry Research Group)

Muhammad Andhika Rachman

Informasi Dasar

611110032
629.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pada dekade terakhir Unmanned Aerial Vehicle (UAV) banyak diproyeksikan sebagai pengganti awak pilot untuk beberapa misi penerbangan. Dalam rangka memenuhi misi tersebut yang mengharuskan minimalisasi dari intervensi manusia, operasional UAV harus dapat dijalankan secara autonomous , d ari level atas yaitu perencanaan gerak tracking waypoint , menuju level loop kontrol pada bagian dalam sistem. Pada level atas hirarki kontrol, algoritma perencanaan gerak tracking waypoint bertugas memberikan aksi gerak terbang UAV dari suatu posisi bebas menuju waypoint selanjutnya. Pada akhirnya algoritma tracking waypoint ini bertanggung jawab mengarahkan UAV menuju titik waypoint yang telah ditentukan sebelumnya mengikuti jalur terbang optimal antara waypoint tersebut.
Masalah pada pengendalian pesawat terbang UAV adalah bagaimana sebuah pesawat terbang mengendalikan dirinya secara otomatis tanpa campur tangan manusia untuk mengarahkannya. Pengendalian tersebut tidak akan tercapai tanpa adanya nilai untuk dijadikan acuan. Untuk mendapatkan sebuah nilai u ntuk dijadikan acuan pada pesawat UAV dilengkapi dengan sensor. Dari permasalahan ini, maka diperlukan adanya suatu metode pengendalian pesawat UAV dengan sistem jarak jauh, dilengkapi dengan pendeteksian lokasi koordinat. Sistem ini memakai GPS dan flight controller Ardu Pilot, sehingga lokasi bisa diketahui .
Hasil dari penelitian ini adalah sistem dapat mengendalikan sebuah pesawat UAV secara otomatis di udara sehingga pesawat dapat sampai ke tempat yang dituju yang masih dalam radius sebesar 35m yang ditoleransi sistem dan kembali ke home (RTL) . Ketinggian pesawat saat melewati titik waypoint juga sudah sesuai yang diinginkan. Pesawat ini mampu mengirim data telemetri ke GUI melalui frekuensi 433 Mhz

Subjek

AEROSPACE ENGINEERING
 

Katalog

Implementasi Sistem Kendali Auto Pilot Pada Pesawat Nirawak APTRG (Aeromodelling, Payload, and Telemetry Research Group)
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Andhika Rachman
Perorangan
Burhanuddin Dirgantoro. Ir.MT. , Sugondo Hadiyoso. ST.MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini