i PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KUNCI MENGGUNAKAN PASSWORD ACAK UNTUK PINTU SHELTER TELKOMSEL BANDUNG BERBASIS MIKROKONTROLER DAN SMS GATEWAY

SYAUQI ABDURROHMAN

Informasi Dasar

611110026
621.391 6
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

BTS (Base Transceiver Station) merupakan salah satu elemen penting pad a sistem komunikasi seluler , karena menghubungkan jaringan suatu operator telekomunikasi seluler dengan pelanggannya. Shelter BTS secara otomatis juga memiliki peran yang tak kalah penting , sebagai penyangga dan pengoperasian bagi kinerja BTS itu sendiri. Jumlah BTS yang banyak dan tersebar luas di Indonesia, merupakan suatu masalah yang mempersulit proses pemantauan kondisi shelter BTS saat ini. Sistem keamanan yang minim pada sebu ah pintu shelter BTS tersebut sangatlah meresahkan banyak pihak, terutama pihak terkait seperti vendor dan perusahaan operator telekomunikasi.
Dengan menggunakan sistem k eamanan password acak berbasis M ikrokontroler ATmega2560 atau yang biasa disebut Ard uino Mega, yang berfungsi sebagai pengontrol sistem pintu otomatis, di harapkan dapat meminimalisir kerugian serta mengontrol kondisi di dalam suatu shelter BTS . Perancangan s istem pintu otomatis ini merupakan salah satu bentuk peng aplikasi an penggunaan Sis tem Mikrokontroler sebagai sistem pengontrol yang dapat merespon input dan output yang nantinya terdiri dari Keypad , LCD ( Liquit Crystal Display ), Sol enoid, Sensor PIR, Magnetic door switch dan Modem Wavecom sebagai SMS Gateway , sesuai dengan program yang diperintahkan.
Pada Proyek Akhir ini, hasil yang diharapkan telah sesuai dengan skema yang dirancang. Sistem acak password telah dapat diimplementasikan saat kondisi Magnetic door switch saling berdekatan dan terhubung. Sensor pendeteksi manusia juga tela h dapat berfungsi, sebagai sistem pengamanan pada suatu shelter , dengan jarak jangkauan maksimal 4 meter. Selain itu, sistem membuka dan menutup pintu telah dapat dijalankan saat Solenoid mendapat input tegangan 8 hingga 12 volt. Oleh karenanya, secara kes eluruhan alat ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan sistem dan skema yang dirancang.

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

i PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KUNCI MENGGUNAKAN PASSWORD ACAK UNTUK PINTU SHELTER TELKOMSEL BANDUNG BERBASIS MIKROKONTROLER DAN SMS GATEWAY
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYAUQI ABDURROHMAN
Perorangan
Sugondo Hadiyoso, ST., MT. , Efa Maydhona Saputra, ST.,MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini