DISAIN MODEL OPERASI LAYANAN TELEKOMUNIKASI BROADBAND MENGGUNAKAN KERANGKA TM FORUM FRAMEWORX

R. Bagus Prabangkara, S.T.

Informasi Dasar

212070003
384
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Evolusi jaringan telekomunikasi menuju Next Generation Network (NGN) yang dilengkapi dengan jaringan akses broadband memungkinkan service provider memberikan multilayanan dalam satu saluran akses pelanggan. Konsekuensi dari hal ini adalah meningkatnya kompleksitas proses pengelolaan layanan dan bisnis. Operation Support System (OSS) sebagai salah satu sistem yang berperan dalam keseluruhan rantai proses pengelolaan layanan harus mampu menjembatani kompleksitas proses dengan kebutuhan bisnis yang semakin dinamis.

Dalam proses disain OSS, diperlukan suatu metodologi dan model yang mampu memetakan seluruh kebutuhan pengelolaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi berbasis teknologi akses broadband. Dalam tesis ini dilakukan disain terhadap model operasi layanan broadband menggunakan kerangka TM Forum Frameworx. Hasil Tesis ini berupa dokumen disain metodologi standar implementasi Operational Support System (OSS) untuk layanan telekomunikasi yang menggunakan infrastruktur akses broadband, dengan fokus pada teknologi GPON pada jaringan FTTH.

Dekomposisi kerangka proses bisnis eTOM dan kerangka informasi SID dari TM Forum Frameworx yang dilakukan pada tesis ini menghasilkan suatu metodologi dan model pengelolaan layanan berbasis FTTH yang memudahkan perusahaan dalam mengimplementasikan model ini ke dalam aplikasi OSS.

Subjek

TELECOMMUNICATION
 

Katalog

DISAIN MODEL OPERASI LAYANAN TELEKOMUNIKASI BROADBAND MENGGUNAKAN KERANGKA TM FORUM FRAMEWORX
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

R. Bagus Prabangkara, S.T.
Perorangan
Dr. Ir. Rendy Munadi, M.T. , Nyoman Bogi Aditya Karna, S.T., M.SEE
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini