Aplikasi Pembelajaran Dasar Telekomunikasi Berbasis Android

Davin Arvianda Sumaatamadja

Informasi Dasar

611101083
005.2
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Teknologi yang berkembang pesat dewasa ini ialah teknologi telekomunikasi terutama dalam hal pertukaran komunikasi. Kita bisa memperhatikan dari semakin banyaknya pengguna media sosial serta semakin maraknya menggunakan media elektronik sebagai rujukan baik dalam mencari berita ataupun informasi. Melihat efektifitas belajar telekomunikasi secara mandiri di gadget, terdapat sebuah ide untuk membuat sebuah aplikasi yang memberikan fasilitas pembelajaran telekomunikasi pada handphone.
Aplikasi ini mengenai ilmu telekomunikasi yang berasal dari beberapa literatur dengan Berbasis Sistem Android. Aplikasi ini diterapkan pada handphone/smartphone berbasis sistem operasi android versi 2.2. Aplikasi ini memiliki tiga fitur utama yakni, belajar materi, pengerjaan soal latihan, serta melihat rangking nilai. pada bagian materi terdiri dari tujuh bab materi yang telah disesuaikan dengan materi yang akan diberikan pada kuliah dasar telekomunikasi sampai dengan ujian tengah semester(UTS), dengan gambar serta penjabarannya. Soal latihan yang diberikan dibagi menjadi lima kelompok dimana juga disesuaikan dengan jenjang bab, waktu pemberian quis saat kuliah sampai dengan UTS, dengan jumlah soal tersedia masing-masing 25 buah, ditambah dengan satu bagian latihan soal UTS, dengan jumlah soal tersedia 100 buah. Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang unik dan interaktif, guna membuat para pengguna menjadi nyaman dan menikmati dalam belajar.

Berdasarkan hasil penelitian kepada 39 mahasiswa d3 teknik telekomunikasi Universitas Telkom, 49% koresponden menyatakan membutuhkan aplikasi untuk mempermudah serta membantu dalam mengetahui dasar telekomunikasi, kemudian 92% koresponden menyatakan bahwa aplikasi ini bermanfaat dalam mempelajari dasar telekomunikasi dengan 36% didalamnya menyatakan aplikasi ini sangat bermanfaat. Sehingga dapat membantu user dalam mengasah serta memperluas pengetahuannya seputar dasar telkomunikasi.

Subjek

ANDROID
 

Katalog

Aplikasi Pembelajaran Dasar Telekomunikasi Berbasis Android
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Davin Arvianda Sumaatamadja
Perorangan
Hurianti V. ST. MT. , Hilal Huda Nuha ST. MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini