DESAIN DAN IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN NETWORK SIMULATOR 3 (NS-3) UNTUK MATA KULIAH KOMUNIKASI DATA BROADBAND

DIAN EKA FITRIANI

Informasi Dasar

17.06.1004
006.76
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

Jaringan komputer menjadi salah satu bidang yang mendukung perkembangan teknologi. Di dunia open source dikenal adanya Network Simulator 3 (NS-3). NS-3 sebagai penyedia network simulator yang sesuai dengan kebutuhan penelitian modern dan terkini. Banyak kegiatan yang dipermudah dengan menggunakan jaringan komputer. Namun untuk mempelajarinya diperlukan investasi yang besar dalam hardware dan software-nya. Dalam mengakses NS-3, pengguna harus mengetahui istilah-istilah dan langkah-langkah pengerjaannya.

Untuk mempermudah melakukan simulasi jaringan tersebut, diperlukan media yang dapat mendukung proses pembelajaran NS-3. Sehingga pada Proyek Akhir ini dibuat suatu media pembelajaran yang dapat membantu pengguna dalam mengakses Network Simulator 3. Media yang dimaksud yaitu berupa animasi dalam bentuk Flash Player.

Pengerjaan Proyek Akhir ini menghasilkan modul tertulis dan media animasi pembelajaran interaktif Network Simulator 3 secara lengkap dalam bentuk Flash Player. Satu animasi Flash Player yang mencakup enam materi jaringan dan tahap instalasi untuk menunjang simulasi jaringan tersebut. Media pembelajaran interaktif tersebut dapat membantu pemahaman mata kuliah Komunikasi Data Broadband dalam menggunakan Network Simulator 3 (NS-3). Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan sebanyak 26% pengguna sangat setuju, 52% pengguna setuju, 18% pengguna cukup setuju dan 4% pengguna kurang setuju mengerti setelah mempelajari simulasi NS-3 dengan media interaktif NS-3.

Kata kunci: Network Simulator 3, Flash Player, Media Interaktif

Subjek

Multimedia system - video / image
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN NETWORK SIMULATOR 3 (NS-3) UNTUK MATA KULIAH KOMUNIKASI DATA BROADBAND
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIAN EKA FITRIANI
Perorangan
Rohmat Tulloh, Yuli Sun Hariyani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • DTH2B3 - KOMUNIKASI DATA BROADBAND

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini