IMPLEMENTASI KEAMANAN JARINGAN BERBASIS CLOUD COMPUTING MENGGUNAKAN INTRUSION PREVENTION SYSTEM (IPS) DAN AUTENTIKASI KERBEROS

I GUSTI NGURAH PANDU WIBISANA ANTARA

Informasi Dasar

17.06.923
004.6782
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Cloud computing yang ada saat ini banyak membantu karena banyak terhubung satu dengan lainnya menbuat pengguna dimudahkan dalam mengakses layanan yang terdapat di dalam cloud computing tanpa harus khawatir oleh jarak dan waktu. Namun ketika sebuah layanan cloud computing terhubung satu dengan lainnya muncul masalah terkait keamanan cloud computing yang meliputi aspek confidentiality, integrity dan availability (CIA). Ketika aspek tersebut menjadi topik yang berpengaruh karena ketika sistem cloud computing mengalami kebocoran data atau terganggunya kinerja server maka akan mengganggu client atau user ketika memakai layanan cloud computing.

Untuk mengatasi permalahan tersebut maka dibangunlah sebuah sistem keamanan yang mengatasi ketiga permasalahan tersebut. Sistem keamanan yang pertama yaitu sebuah autentifikasi jaringan menggunakanan Kerberos yang akan dihubungkan dengan server cloudcomputing. Client yang ingin mengakses layanan cloud computing diharuskan menggunakan aplikasi Kerberos agar bisa masuk kedalam cloud computing nya. Sistem selanjutnya yaitu sebuah Intrusion Prevention System (IPS). Sebuah sistem yang bekerja dengan cara membaca paket-paket yang dikirimkan ke cloud untuk membaca serangan dari luar.

Pada hasil pengujian baik sistem Kerberos maupun IPS bekerja dengan baik. Setelah melakukan pengujian berupa serangan paket Flooding menggunakan ICMP, kemudian IPS memblok hasil paket dan menampilkan hasil log dengan baik. Sana dengan Kerberos yang dapat menolak atau memutus koneksi yang bukan dari client Kerberos Kata kunci : Kerberos, IPS, keamanan jaringan, cloud computing.

Subjek

Security- network
 

Katalog

IMPLEMENTASI KEAMANAN JARINGAN BERBASIS CLOUD COMPUTING MENGGUNAKAN INTRUSION PREVENTION SYSTEM (IPS) DAN AUTENTIKASI KERBEROS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I GUSTI NGURAH PANDU WIBISANA ANTARA
Perorangan
Nina Hendrarini, Devie Ryana Suchendra
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini