IMPLEMENTASI KEAMANAN SSH MENGGUNAKAN KIPPO

MARIANNE THALIA VANIA REBECCA WUWUNG

Informasi Dasar

17.06.832
621.385 1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

SSH merupakan layanan secure shell yang dapat mengamankan komunikasi data antar host dengan cara mengenkripsi path komunikasi data tersebut sehingga transmisi data antara server dan client dapat terlindungi dari ancaman penyerang.

Akan tetapi, layanan SSH tidak dapat mendeteksi jika terjadi serangan, karena apabila penyerang berhasil menemukan username dan password yang telah terenkripsi penyerang akan dapat mengetahui isi dari sistem komputer target. Pengguna atau admin juga tidak dapat mengetahui ancaman dan serangan yang dilakukan penyerang di dalam sistem komputer. Oleh karena itu, diperlukan tools yang dapat mendeteksi ancaman dan serangan yang dilakukan penyerang yang mencoba masuk ke dalam sistem komputer.

Kippo Honeypot merupakan tools ssh honeypot yang dirancang untuk membangun sistem tiruan yang dapat menjebak penyerang yang mencari celah untuk masuk ke dalam sistem asli. Kippo honeypot termasuk dalam kategori medium-interaction yang digunakan untuk membuat layanan tiruan yang dapat mengawasi setiap interaksi yang dilakukan penyerang, sehingga admin (pengguna) dapat mendeteksi segala aktifitas interaksi shell yang dilakukan penyerang. Admin dapat memantau dan mengetahui hasil serangan yang dilakukan penyerang menggunakan kippo grpah, kippo graph berguna untuk menampilakan hasil log shell yang penyerang lakukan untuk mencari celah agar dapat masuk ke dalam sistem komputer target melalui webserver.

Kata Kunci: Keamanan Jaringan, SSH, Kippo Honeypot, Kippo Graph.

Subjek

Network - security
 

Katalog

IMPLEMENTASI KEAMANAN SSH MENGGUNAKAN KIPPO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARIANNE THALIA VANIA REBECCA WUWUNG
Perorangan
Setia Juli Irzal Ismail, Simon Siregar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini