OPINI AUDIT, TINGKAT KEMANDIRIAN, DAN TIPE DAERAH TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN INFORMASI PADA SITUS RESMI PEMERINTAH DAERAH DI PROVINSI JAWA TENGAH (Studi pada Pemerintah Daerah di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014-2015)

ANNISA MURNI PRASASTI

Informasi Dasar

17.04.3275
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Pengungkapan informasi melalui situs resmi pemerintah daerah dapat meningkatkan kepercayaan stakeholder terhadap pemerintahan daerah. Informasi yang tersedia pada situs resmi pemerintah daerah sebagian besar hanya berupa informasi umum daerah dan informasi keuangan yang tidak up to date. Beberapa daerah tidak melakukan pengungkapan informasi pada situs resmi pemerintah daerah sesuai dengan aturan yang berlaku meskipun berbagai peraturan telah ditetapkan oleh pemerintah. Opini audit dan tingkat kemandirian seharusnya diungkapkan kepada publik sebagai bentuk transparansi agar dapat membantu kinerja pemerintah. Pemerintah daerah kabupaten dan kota juga harus melakukan pengungkapan informasi kepada publik. Pengungkapan informasi dapat dilakukan melalui situs resmi, media yang murah, dan mudah diakses dimana saja. Variabel independen dalam penelitian ini adalah opini audit, tingkat kemandirian, dan tipe daerah. Variabel dependen yang digunakan yaitu tingkat pengungkapan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh opini audit, tingkat kemandirian, dan tipe daerah secara simultan dan parsial terhadap tingkat pengungkapan informasi pada situs resmi pemerintah daerah di Provinsi Jawa Tengah tahun 2014-2015. Hipotesis dalam penelitian ini adalah opini audit, tingkat kemandirian, dan tipe daerah memiliki pengaruh positif signifikan secara simultan dan parsial terhadap tingkat pengungkapan informasi pada situs resmi pemerintah daerah di Provinsi Jawa Tengah tahun 2014-2015.
Populasi dalam penelitian ini adalah situs resmi pemerintah daerah di Provinsi Jawa Tengah tahun 2014-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 50 data yang terdiri dari 25 situs pemerintah daerah dengan waktu dua tahun sebagai sampel dalam penelitian ini. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan software SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa opini audit, tingkat kemandirian, dan tipe daerah memiliki pengaruh secara simultan terhadap tingkat pengungkapan informasi pada situs resmi pemerintah daerah di Provinsi Jawa Tengah. Opini audit dan tipe daerah secara parsial berpengaruh positif signifikan, sedangkan tingkat kemandirian tidak memiliki pengaruh positif signifikan terhadap tingkat pengungkapan informasi pada situs resmi pemerintah daerah di Provinsi Jawa Tengah. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah variabel independen yang diprediksi dapat mempengaruhi pengungkapan informasi, seperti leverage, dan kekayaan daerah. Bagi pemerintah daerah disarankan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, meningkatkan kinerja agar mendapatkan opini yang baik, dan melakukan pengungkapan informasi kepada publik agar dapat meningkatkan kepercayaan stakeholder kepada pemerintah daerah.

Kata Kunci : Opini Audit, Tingkat Kemandirian, Tipe Daerah, Tingkat Pengungkapan Informasi pada Situs Resmi Pemerintah Daerah.

Subjek

ACCOUNTING FOR GOVERNMENT
 

Katalog

OPINI AUDIT, TINGKAT KEMANDIRIAN, DAN TIPE DAERAH TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN INFORMASI PADA SITUS RESMI PEMERINTAH DAERAH DI PROVINSI JAWA TENGAH (Studi pada Pemerintah Daerah di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014-2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA MURNI PRASASTI
Perorangan
Sri Rahayu, Djusnimar Zutilisna
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini