ANALISIS PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), LOAN DEPOSIT RATIO (LDR) DAN NON PERFORMING LOAN (NPL) TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)

ALFIAN AGUS PUTRANTO

Informasi Dasar

17.04.3263
332.106 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu hal yang paling disoroti investor dalam menilai kinerja perbankan adalah rasio profitabilitas yang mana rasio yang digunakan dalam penelitian ini adalah Return on asset (ROA). ROA digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam memperoleh laba secara keseluruhan dari total aktiva yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan Deposit Ratio (LDR) dan Non Performing Loan (NPL). terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Asset (ROA) pada Bank Umum yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum yang terdaftar pada BEI. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 31 Bank Umum dengan periode penelitian pada tahun 2011-2015. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews versi 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan Deposit Ratio (LDR) dan Non Performing Loan (NPL) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan secara parsial, CAR berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, NPL berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan LDR tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka apabila perbakan menginginkan untuk meningkatkan profitabilitas, maka perbankan perlu meningkatkan CAR dan menekan LDR

Kata kunci : Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), Return on Asset (ROA)

Subjek

FINANCIAL PERFORMANCE-BANK
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), LOAN DEPOSIT RATIO (LDR) DAN NON PERFORMING LOAN (NPL) TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALFIAN AGUS PUTRANTO
Perorangan
Farida Titik Kristanti, Dewa Putra Khrisna Mahardika
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini