PENENTUAN RUTE TERPENDEK MENUJU ASSEMBLY POINT DI TELKOM UNIVERSITY MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA

ABIYYU FAWWAZ KANZ

Informasi Dasar

17.04.3222
518.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Telkom University merupakan kampus yang memiliki luas wilayah sekitar 40 hektar, memiliki lebih dari 10 bangunan bertingkat dan memiliki lebih dari 20.000 mahasiswa aktif. Mengantisipasi saat terjadinya bencana seperti gempa bumi dan kebakaran Telkom University harus memiliki assembly point sebagai tempat berkumpul ketika terjadi bencana.

Dalam tugas akhir ini penulis membuat sebuah aplikasi serta melakukan analisis mengenai algoritma dijktra dalam menentukan jalur evakuasi di kampus Telkom University. Aplikasi ini bertujuan sebagai petunjuk atau direction untuk mencapai assembly point pada saat evakuasi ketika sedang terjadi bencana. Tampilan aplikasi berupa sebuah arah panah yang menunjuk ke arah sebuah node yang telah ditentukan oleh sistem, node tersebut menghubungkan antara posisi user dengan posisi safety point. Terdapat 108 node yang saling terhubung membentuk sebuah graf yang digunakan sebagai peta untuk sistem melakukan pemprosesan. Algoritma Dijkstra dipilih sebagai metode yang digunakan, dalam hal ini algoritma Dijkstra berfungsi sebagai penentu jalur terpendek yang dapat dilalui oleh mahasiswa untuk mencapai assembly point dengan mempertimbangkan posisi awal dan titik assembly point yang dimiliki kampus Telkom University.

Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, algoritma Dijkstra bekerja dengan baik dalam pemilihan jalur terdekat dari posisi user ke lokasi safety point.

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

PENENTUAN RUTE TERPENDEK MENUJU ASSEMBLY POINT DI TELKOM UNIVERSITY MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABIYYU FAWWAZ KANZ
Perorangan
R. RUMANI, ANTON SISWO RAHARJO
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CEG3F3 - APLIKASI MOBILE
  • CEG3G3 - KECERDASAN BUATAN
  • CEH2A3 - PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK B

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini