Analisis Sentimen berbasis Ontologi terhadap Pemilihan Kepala Daerah pada Media Sosial Twitter (Studi Kasus: Pemilihan Gubernur Jakarta 2017)

TURINA ALLITA PUTRI

Informasi Dasar

17.04.3189
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Opini adalah sebuah ekspresi yang subjektif dimana sebuah opini seseorang akan menjelaskan sentimen dari orang tersebut. Jumlah opini yang banyak khususnya mengenai pemilihan gubernur Jakarta 2017 pada media sosial Twitter membuat pengguna sulit untuk mengetahui bagaimana sentimen masyarakat terhadap calon – calon pada pemilihan gubernur Jakarta 2017. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memberikan persentase sentimen positif dan negatif terhadap setiap calon pada pemilihan gubernur Jakarta 2017. Pada penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan, tahapan pertama adalah pengambilan data twitter menggunakan Twitter API untuk mendapatkan dataset opini masyarakat mengenai pemilihan gubernur Jakarta 2017. Tahapan kedua yaitu melakukan data pre-processing terhadap dataet yang telah didapatkan dari tahapan pertama. Tahapan ketiga yaitu melakukan analisis sentimen terhadap opini masyarakat mengenai pemilihan gubernur Jakarta 2017 menggunakan ontologi. Ontologi merupakan sebuah representasi primitif yang digunakan untuk memodelkan sebuah domain, dimana ontologi juga berfungsi sebagai jembatan antara pengguna dengan perangkat lunak. Penggunaan metode ontologi sebagai klasifikasi calon gubernur Jakarta 2017 dan klasifikasi sentimen positif dan negatif dari data setiap calon dalam pemilihan gubernur Jakarta 2017. Dari hasil analisis tersebut didapatkan bahwa pada sejumlah tweet banyak memberikan komentar positif pada paslon satu sebanyak 82.21% dan komentar negatif terbanyak pada paslon dua dengan jumlah 16.81%

Kata Kunci: ontologi, analisis sentimen, pemilihan calon gubernur Jakarta 2017.

Subjek

Information retrieval - computer science
 

Katalog

Analisis Sentimen berbasis Ontologi terhadap Pemilihan Kepala Daerah pada Media Sosial Twitter (Studi Kasus: Pemilihan Gubernur Jakarta 2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TURINA ALLITA PUTRI
Perorangan
ANISA HERDIANI, GEDE AGUNG A. W.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CSH4H3 - PENAMBANGAN TEKS
  • IFG444 - TUGAS AKHIR II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini