ANALISIS PERFORMANSI KERJA BERBASIS RELIABILITY PADA MESIN WEAVING M251 MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY, AVAILABILITY & MAINTAINABILITY (RAM) DAN COST OF UNRELIABILITY (COUR) (STUDI KASUS: PT BUANA INTAN GEMILANG)

DEVI JULIETTA NAINGGOLAN

Informasi Dasar

17.04.3122
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri tekstil merupakan salah satu industri yang memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional. PT Buana Intan Gemilang (BIG) merupakan salah satu industri tekstil di Indonesia yang menggunakan mesin Weaving untuk menghasilkan produk kain motif dan sajadah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keandalan salah satu mesin Weaving, yaitu mesin Weaving M251 yang memiliki jumlah kerusakan terbanyak pada 2014. Untuk menghindari kerugian akibat kerusakan mesin, maka nilai reliability, availability dan maintainability mesin perlu ditingkatkan dengan melakukan Reliability, Availability & Maintainability (RAM) Analysis. Selain itu, untuk mengetahui besarnya kerugian yang ditimbulkan oleh masalah RAM, maka diperlukan perhitungan biaya dengan metode Cost of Unreliability (COUR). Dari hasil evaluasi menggunakan pemodelan Reliability Block Diagram (RBD), diperoleh bahwa nilai reliability subsistem kritis = 44.36% selama 144 jam dan besarnya waktu perbaikan yang diperlukan subsistem kritis untuk dapat berfungsi kembali adalah minimal selama 1 hingga 70 jam. Untuk nilai availability, diperoleh dua hasil perhitungan, yaitu inherent availability = 95.546% yang dijadikan sebagai leading indicator dan operational availability = 85.572% yang dijadikan sebagai lagging indicator. Jika dibandingkan, nilai lagging indicator belum memenuhi performansi nilai leading indicator. Adapun total biaya yang dikeluarkan subsistem kritis saat active repair = Rp39,580,689.02 dan saat downtime = Rp135,588,452.13.

Kata Kunci: Cost of Unreliability (COUR), Lagging Indicator, Leading Indicator, Reliability, Availability & Maintainability (RAM) Analysis, Reliabillity Block Diagram (RBD)

Subjek

MAINTENANCE MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI KERJA BERBASIS RELIABILITY PADA MESIN WEAVING M251 MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY, AVAILABILITY & MAINTAINABILITY (RAM) DAN COST OF UNRELIABILITY (COUR) (STUDI KASUS: PT BUANA INTAN GEMILANG)
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEVI JULIETTA NAINGGOLAN
Perorangan
JUDI ALHILMAN, NURDININTYA ATHARI SUPRATMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IE4424 - TUGAS AKHIR
  • IEH4DA3 - MANAJEMEN PERAWATAN
  • IEH4DD3 - REALIBILITY DAN MAINTAINABILITY
  • IEI4U3 - MANAJEMEN PERAWATAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini