PENENTUAN PROSEDUR RUTIN PENJADWALAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CAMPBELL, DUDEK, SMITH (CDS) DI PT XYZ UNTUK MEMINIMASI MAKESPAN (PAINT MANUFACTURING)

JESSAYA HARYADI HARAHAP

Informasi Dasar

17.04.3070
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ adalah perusahaan manufaktur yang menghasilkan produk cat. Produk yang dihasilkan terdapat 5 jenis yaitu, water-based product, solvent-based product, chemical construction, dan adhesive product. Berdasarkan hasil penjualan 2015, presentase penjualannya masing-masing adalah 90% (water-based), 6% (solvent-based), 3% (chemical construction), dan 1% (adhesive product). Penelitian ini akan terfokus pada penjadwalan di produk water-based. Pada produk water-based, terdapat 2 jenis produksi yaitu A to Z process dan base tinting process. A to Z process adalah proses produksi yang menyelesaikan 1 produk dari grinding, bahan aditif sampai packaging. Sedangkan base tinting process adalah proses produksi yang akan menghasilkan base cat dan disimpan pada tangki khusus yang selanjutnya akan diproses coloring. Penjadwalan pada penelitian ini akan menggunakan metode Campbell, Dudek dan Smith (CDS). Hasil yang didapat akan dibandingkan dengan penjadwalan eksisting yang terbilang menggunakan metode Shortest Processing Time (SPT). Dengan menggunakan SPT, makespan minimum yang dihasilkan adalah sebesar 387.25 menit. Dan dengan menggunakan metode CDS, makespan minimum yang dihasilkan adalah sebesar 361.17 menit. Prosedur yang dianjurkan untuk penjadwalan water-based ini adalah pengantrian job pada masing-masing mesin, lalu penjadwalan menggunakan CDS pada masing-masing mesin, pembuatan Gantt Chart, dan perhitungan makespan pada masing-masing alternatif solusi.

Kata kunci : penjadwalan, metode CDS, metode SPT, job, makespan, Gantt Chart

Subjek

Scheduling - process product
 

Katalog

PENENTUAN PROSEDUR RUTIN PENJADWALAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CAMPBELL, DUDEK, SMITH (CDS) DI PT XYZ UNTUK MEMINIMASI MAKESPAN (PAINT MANUFACTURING)
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JESSAYA HARYADI HARAHAP
Perorangan
DIDA DIAH DAMAYANTI, BUDI SANTOSA
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IEG3D4 - PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PRODUKSI + PRAKTIKUM
  • IEG4O3 - MANAJEMEN RANTAI PASOK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini