APLIKASI PERENCANAAN DAN EVALUASI ANGGARAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED BUDGETING (STUDI KASUS : CV TRIWARNA MULYA INDAH, BANDUNG)

ALVIN LISAL

Informasi Dasar

17.06.608
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sebagai perusahaan manufaktur yang melakukan produksi, seharusnya menghitung seluruh biaya produksi. Sebelum melakukan produksi, perusahaan membuat perencanaan produksi berupa anggaran produksi. Perusahaan hanya membuat anggaran untuk biaya bahan baku, namun tidak melakukan penganggaran untuk seluruh proses produksi. Biaya produksi untuk tenaga kerja langsung dan overhead pabrik hanya menggunakan perkiraan tanpa memperhatikan detail dari aktivitas selama proses produksi, sehingga perusahaan tidak dapat mengevaluasi penyerapan anggaran produksi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibangun sebuah aplikasi web yang dapat mengelola perencanaan dan mengevaluasi anggaran produksi berdasarkan aktivitas. Aplikasi berbasis web ini dibangun dengan metode berorientasi objek dan pengembangan model SDLC serta menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Framework CodeIgniter. Aplikasi ini memiliki fungsionalitas untuk pembuatan anggaran produksi yang terdiri dari anggaran biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik berdasarkan aktivitas, membuat transaksi dalam bentuk jurnal dan buku besar, membuat laporan realisasi anggaran, dan membuat laporan perbandingan anggaran dan realisasi serta evaluasi. Fungsionalitas berjalan 100% setelah diujikan dengan black box testing, perbandingan hitung manual berhasil diimplementasikan sesuai dengan luaran aplikasi, dan telah dilakukan pengujian penerimaan pengguna. Setelah diimplementasikan, aplikasi mampu melakukan pembuatan perencanaan produksi berdasarkan aktivitas dan dapat mengevaluasi kinerja dari perusahaan melalui perbandingan anggaran dan realisasi.

Kata Kunci: Perencanaan, Anggaran Produksi, Evaluasi, Framework CodeIgniter

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

APLIKASI PERENCANAAN DAN EVALUASI ANGGARAN PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED BUDGETING (STUDI KASUS : CV TRIWARNA MULYA INDAH, BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALVIN LISAL
Perorangan
Asti Widayanti, Magdalena Karismariyanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini