Aplikasi Perhitungan Pajak Air Permukaan Berbasis Web (Studi Kasus : Kantor Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Bandung II Soreng)

RATNANINGRUM

Informasi Dasar

17.06.606
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pajak air permukaan adalah pungutan wajib atas pengambilan atau pemanfaatan air permukaan. Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan (CPDP) adalah unit pelaksana yang dibawahi oleh Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) Jawa Barat. Saat ini Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan menggunakan Sistem Informasi Pajak Air Permukaan (SIMPAP) yang berbasis desktop, akan tetapi aplikasi hanya bisa dioperasikan melalui perangkat sistem dan jaringan internal bagian pajak air permukaan dan tidak dapat di akses di luar bagian tersebut. Disisi lain wajib pajak harus berulang kali mendatangi kantor CPDP dalam mengurus pajak air permukaan sehingga tidak efisien bagi wajib pajak karena masih memerlukan waktu yang lebih lama. Seiring berkembangnya teknologi saat ini, usulan dalam menangani masalah ini adalah dibuatnya sebuah aplikasi yang dapat melengkapi fungsionalitas dari kekurangan sistem yang dimiliki. Dalam pengkodean program menggunakan framework PHP yaitu CodeIgniter dan basis data MySQL. Aplikasi yang akan dibuat akan mengelola pendaftaran wajib pajak, perizinan, pengajuan pengambilan pemanfaatan air dan pembayaran pajak. Aplikasi yang dalam perhitungan pembayarannya juga akan menangani kurang bayar, lebih bayar, denda dan sanksi administratif berupa bunga dan akhirnya akan menghasilkan jurnal dan buku besar.

Kata Kunci: Pajak Air Permukaan, Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan, PHP, CodeIgniter

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Perhitungan Pajak Air Permukaan Berbasis Web (Studi Kasus : Kantor Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Bandung II Soreng)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RATNANINGRUM
Perorangan
IJI SAMAJI, C. RUDDI KUSNADI SETIAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini