IDENTIFIKASI GANGGUAN PITA SUARA MELALUI JARINGAN KOMUNIKASI PUBLIK BERBASIS IVR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DYSPHONIA SEVERITY INDEX (DSI)

AHMAD BAGUS ARIYANTO

Informasi Dasar

17.04.2893
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pita suara merupakan organ manusia yang dapat menghasilkan suara. Ganguan pada pita suara akan menyebabkan suara menjadi serak bahkan kehilangan pitch vocal seseorang. Maka dibutuhkan medical check-up sedini mungkin untuk mengetahui kondisi pada pita suara. Untuk mempermudah proses medical check-up seorang pasien, maka di gunakan metode non-invasive dengan cara merekam suara pasien menggunakan sistem jaringan Voice over Internet Protocol (VoIP). Proses perekaman suara dilakukan dengan mengucapkan vowel /a/ dalam satu tarikan nafas selama 10 detik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa suara yang direkam melalui jaringan telepon akan meyebabkan adanya noise pada sinyal suara, sehingga dapat merubah informasi pada sinyal suara. Selanjutnya akan dilakukan proses filterisasi menggunakan FastICA dan Wavelet Biorthoghonal untuk mengurangi noise yang terjadi pada sinyal suara. Setelah dilakukan proses reduksi noise, suara akan dianalisis menggunakan Dysphonia Severity Index (DSI) dan Harmonic Noise to Rasio (HNR) untuk mengetahui kondisi pita suara. Kata Kunci : Voice Over Internet Protocol (VoIP), Wavelet Biorthogonal, Dysphonia Severity Index (DSI), Harmonic Noise to Rasio (HNR).

Subjek

SIGNAL PROCESSING
 

Katalog

IDENTIFIKASI GANGGUAN PITA SUARA MELALUI JARINGAN KOMUNIKASI PUBLIK BERBASIS IVR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DYSPHONIA SEVERITY INDEX (DSI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD BAGUS ARIYANTO
Perorangan
FIKY YOSEF SURATMAN, HERTIANA BETHANINGTYAS
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • FTG3J3 - PENGOLAHAN SINYAL
  • MUG2E3 - STATISTIKA
  • TFH2A3 - MATEMATIKA REKAYASA I
  • TFH2B3 - ANALISIS NUMERIK
  • TFH2C3 - MATEMATIKA REKAYASA II

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini