APLIKASI PENGELOLAAN SIMPAN PINJAM, PIUTANG, DAN PENYUSUNAN LAPORAN LABA RUGI BERBASIS WEB (STUDI KASUS DI KOPERASI BINA USAHA SEJAHTERA, KABUPATEN LEBAK)

AJENG NUR'AINI PUTRI

Informasi Dasar

17.06.591
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Koperasi simpan pinjam merupakan salah satu lembaga keuangan non-profit yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya melalui pelayanan berupa simpanan pokok, simpanan wajib, dan pinjaman. Berdasarkan hasil penelitian pada tempat studi kasus dalam mengelola kegiatan operasionalnya, koperasi masih menggunakan Microsoft Excel sehingga data baru tidak otomatis terupdate karena tidak disimpan dalam database. Sistem pencatatan dan pengelolaan data dirasa kurang efektif dan efisien, terutama dalam perhitungan, merekap data, dan pelaporannya secara real time, maka dibutuhkanlah sebuah sistem yang mampu menangani pengolahan data simpan pinjam dengan menghasilkan informasi akuntansi yang relevan. Aplikasi proyek akhir ini menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) framework codeigniter serta penyimpanan basis data menggunakan database MySQL. Perancangan sistem menggunakan metode berorientasi objek yaitu Unified Modeling Language (UML) dengan menerapkan tahapan-tahapan model prototipe. Perancangan tabel pada basis data melalui penggambaran Entity Relationship Diagram (ERD), serta mockup sebagai model desain yang digunakan untuk evaluasi desain sesuai keinginan user. Informasi yang dihasilkan aplikasi ini berupa jurnal, buku besar, neraca saldo, daftar rincian piutang, laporan simpanan, laporan pinjaman, laporan angsuran pinjaman, dan laporan laba rugi.

Kata Kunci: simpan pinjam, UML; framework codeigniter; laporan laba rugi

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

APLIKASI PENGELOLAAN SIMPAN PINJAM, PIUTANG, DAN PENYUSUNAN LAPORAN LABA RUGI BERBASIS WEB (STUDI KASUS DI KOPERASI BINA USAHA SEJAHTERA, KABUPATEN LEBAK)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AJENG NUR'AINI PUTRI
Perorangan
ROCHMAWATI, IRNA YUNIAR
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini