ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE BERBASIS TOGAF 9.1: STUDI KASUS PADA FUNGSI ADMINISTRASI UMUM, INFORMASI, FASILITAS DAN PENGAWASAN PT. XYZ

MUHAMAD FAUZAN DARMAWAN KARNAEN

Informasi Dasar

17.04.2731
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. XYZ merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang industri dan manufaktur pada bidang pengolahan raw material, energi dan infrastruktur menjadi sebuah produk yang berfokus pada bidang alutsista negara serta bidang pertahanan dan keamanan komersial di Indonesia. Sebagai perusahaan BUMN, PT. XYZ diatur oleh peraturan pemerintah dalam menjalankan operasionalnya baik dari segi bisnis maupun teknologi informasi.

Mengacu pada PER-02/MBU/2013 tentang panduan penyusunan pengelolaan teknologi informasi BUMN. Dibutuhkan penyusunan master plan TI untuk periode 3 sampai dengan 5 tahun dan diselaraskan dengan Rencana Jangka Panjang Perusahaan untuk mendukung strategi dan tujuan perusahaan. Salah satu cara untuk menyelaraskan strategi bisnis dan strategi TI adalah dengan mengimplementasikan Enterprise Architecture (EA).

EA adalah salah satu solusi untuk menyelaraskan strategi bisnis dan TI. Dalam penyusunannya, EA memiliki 4 komponen utama yaitu arsitektur bisnis, arsitektur data, arsitektur aplikasi, dan arsitektur teknologi. EA dibangun berdasarkan framework. Framework tersebut yang akan menjadi kerangka dalam perancangan EA. TOGAF ADM adalah salah satu framework yang digunakan untuk perancangan EA.

TOGAF ADM merupakan framework yang memilik fitur paling lengkap dibandingkan framework lainnya. Perancangan EA dengan menggunakan TOGAF ADM akan menghasilkan output berupa artifak-artifak yang akan membantu dalam penyusunan pengembangan TI. Dalam penelitian ini akan dilakukan perancangan dari fase Preliminary, Architecture Vision, Business Architectture, Information System Architecture yang meliputi Data Architecture dan Application Architecture, Technology Architecture, Opportunities And Solutions dan Migration Planning. Output dari penelitian ini adalah berupa IT roadmap untuk fungsi administrasi umum, informasi, fasilitas, dan pengawasan. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu masukan dalam pengembangan master plan TI PT. XYZ.

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE BERBASIS TOGAF 9.1: STUDI KASUS PADA FUNGSI ADMINISTRASI UMUM, INFORMASI, FASILITAS DAN PENGAWASAN PT. XYZ
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD FAUZAN DARMAWAN KARNAEN
Perorangan
RD. ROHMAT SAEDUDIN, RAHMAT MULYANA
INDONESIA

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4Z3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISH3A3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • ISI4R3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISI3B3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini