ANALISIS DAN PERANCANGAN POWER MANAGEMENT DATA CENTER BERDASARKAN TIERING LEVEL DI PEMERINTAHAN KABUPATEN BANDUNG MENGGUNAKAN STANDAR TIA-942 DENGAN METODE PPDIOO LIFE-CYCLE APPROACH

IBNU CAESAR

Informasi Dasar

17.04.2693
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstak

Pemerintah Kabupaten Bandung adalah lembaga pemerintahan yang bertanggung jawab untuk mengurusi segala urusan kewarganegaraan di wilayah Kabupaten Bandung. Salah satu layanan pemerintah kepada rakyatnya adalah memberikan pelayanan dibidang komunikasi dan informatika. Dinas yang bertanggung jawab terhadap layanan ini adalah Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Bandung. Saat ini Dinas tersebut telah memiliki data center yang berfungsi sebagai penyedia layanan di bidang komunikasi dan informatika bertempat pada gedung kantor DISKOMINFO.

Berdasarkan rencana jangka panjang kedepannya data center tersebut akan dikembangkan baik secara infrastruktur, hardware, dan layanan yang diberikan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah perencanaan yang baik terhadap seberapa besar daya yang akan digunakan kedepannya dan sistem kelistrikan yang sesuai. Dibutuhkan perancangan power management data center yang sesuai dengan kebutuhan daya pada data center tersebut. Rancangan ini menggunakan metode PPDIOO Life-Cycle Approach pada tiga tahapan awal, yaitu prepare, plan, design dan sesuai dengan standar TIA-942. Penggunaan metode ini cocok dengan pengembangan data center Pemerintah Kabupaten Bandung yang berkelanjutan dengan adanya tahap optimize untuk pengembangan jangka panjang data center tersebut.

Hasil akhir dari penelitian ini berupa guideline pengembangan data center sesuai standar TIA-942 yang terbagi ke dalam tiering level, diketahui bahwa penggunaan daya pada tier 1 sebesar 82954 watt membutuhkan generator yang berukuran 110 kVA, pada tier 2 penggunaan daya sebesar 111079 watt membutuhkan generator yang berukuran 145 kVA, dan pada tier 3 penggunaan daya sebesar 136309 watt membutuhkan generator yang berukuran 175 kVA.

Kata Kunci : Data center, PPDIOO Life-Cycle Approach, Standard TIA-942, Power Management.

Subjek

ENTERPRISES
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN POWER MANAGEMENT DATA CENTER BERDASARKAN TIERING LEVEL DI PEMERINTAHAN KABUPATEN BANDUNG MENGGUNAKAN STANDAR TIA-942 DENGAN METODE PPDIOO LIFE-CYCLE APPROACH
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IBNU CAESAR
Perorangan
RD. ROHMAT SAEDUDIN, UMAR YUNAN KURNIA SEPTO HEDIYANTO
INDONESIA

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR
  • ISH423 - MANAJEMEN PUSAT DATA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini