PEMBANGUNAN BUSINESS INTELLIGENCE DASHBOARD DAN DATA MINING BERBASIS ERP DATA WAREHOUSE MENGGUNAKAN PENTAHO DENGAN METODOLOGI BUSINESS DIMENSIONAL LIFE CYCLE (Studi Kasus: Modul Sales Management Pada CV Kembar Mekar)

AYESHA MAYZURI

Informasi Dasar

17.04.2654
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan industri pengolahan pakan ternak memiliki peluang bisnis yang besar untuk terus berkembang di Indonesia. Pakan merupakan faktor penting untuk membudidayakan ternak karena kualitas dan bobot ternak dapat ditentukan dari asupan yang diberikan. Dirjen PKH Kementan menggambarkan bahwa terdapat peluang bisnis yang terbuka dan berkembang dalam sektor industri pengolahan pakan ternak yang dilihat dari peningkatan produksi yang mencapai 18,37 juta ton pada tahun 2016.CV Kembar Mekar merupakan perusahaan yang menyediakan bahan baku dan produk jadi untuk pakan ternak di Bandung dan memiliki customer diberbagai daerah di Jawa Barat. Permintaan pakan ternak meningkat dari sebulan sebelum memasuki hari-hari besar di Indonesia seperti pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Pembangunan business intelligence menggunakan Pentaho dengan menggunakan metode business dimensional life cycle pada CV Kembar Mekar dilakukan untuk integrasi dengan sistem enterprise resource planning (ERP) modul sales management dalam bentuk business intelligence data minng dan dashboard. Pembangunan business intelligence data mining dan dashboard dapat membantu top level management dalam monitoring, analisis, dan membantu dalam pengambilan keputusan. Pembangunan business intelligence meliputi proses extraction, transform, load (ETL) pada data warehouse dari database enterprise resource planning (ERP) yaitu PostgreSQL. Star schema digunakan dalam menentukan dimensi-dimensi dan tabel fakta yang berkaitan dengan kegiatan penjualan pakan ternak CV Kembar Mekar. Sumber data dari database ERP yang telah dilakukan proses ditampilkan dalam bentuk business intelligence dashboard berupa grafik-grafik. Business intelligence data mining digunakan untuk membantu dalam menganalisis data-data yang telah ditampilkan dalam business intelligence dashboard. Pembangunan business intelligence menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menunjang proses penjualan dan menghasilkan data-data dalam bentuk report bagi perusahaan untuk monitoring, analisis, dan membantu melakukan pengambilan keputusan oleh top level management. Business intelligence dashboard dari kegiatan penjualan divisualisasikan dengan grafik yang informatif, sehingga top level management dapat dengan mudah dalam membaca data yang ditampilkan yang disesuaikan dengan key performance indicator (KPI).

Kata Kunci: Business Intelligence, Business Dimensional Life Cycle, Data Warehouse, Data Mining, Pentaho Data Integration, Pentaho BI Server.

Subjek

BUSINESS INTELLIGENCE
 

Katalog

PEMBANGUNAN BUSINESS INTELLIGENCE DASHBOARD DAN DATA MINING BERBASIS ERP DATA WAREHOUSE MENGGUNAKAN PENTAHO DENGAN METODOLOGI BUSINESS DIMENSIONAL LIFE CYCLE (Studi Kasus: Modul Sales Management Pada CV Kembar Mekar)
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AYESHA MAYZURI
Perorangan
ARI YANUAR RIDWAN, RACHMADITA ANDRESWARI
INDONESIA

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • ISG2H4 - SISTEM BASIS DATA
  • ISG3E3 - SISTEM MANAJEMEN LOGISTIK DAN PRODUKSI
  • ISG4I3 - BUSINESS INTELLIGENCE
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR
  • ISH4S3 - KONFIGURASI DAN IMPLEMENTASI ERP
  • ISH4T3 - ADOPSI ERP DAN MANAJEMEN PERUBAHAN
  • ISI4T3 - KONFIGURASI DAN IMPLEMENTASI ERP

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  @pump_upp - best crypto pumps on telegram ! 15 January, 2023
Ardisatsaniyaputri – ARDISA TSANIYA PUTRI
https://t.me/pump_upp - best crypto pumps on telegram
Make 1000% and more within 1 day, join channel @pump_upp !
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini