Analisis Dan Perancangan Keamanan Fisik Pusat Data Menggunakan Standar TIA-942 Di DISKOMINFO Pemerintah Kabupaten Bandung

DEDE ARWANDO

Informasi Dasar

17.04.2604
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Pusat data adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan data dan sistem perangkat jaringan secara terpusat. Pembangunan infrastruktur pusat data memerlukan beberapa faktor. Salah satu yang cukup penting adalah faktor keamanan fisik untuk menghindari serta melindungi area pusat data dari berbagai ancaman seperti bencana alam, pencurian perangkat dan sebagainya.

Objek pada penelitian ini yaitu DISKOMINFO Pemerintah Kabupaten Bandung. Berdasarkan pengumpulan data, didapatkan hasil bahwa perangkat keamanan fisik yang seharusnya terpasang, tidak ditemukan pada ruang pusat data dan dapat menjadi celah ancaman terhadap pusat data tersebut. Solusinya yaitu membuat perencanaan dan melakukan rancangan desain keamanan fisik sesuai acuan standar.

Hasil akhir dari penelitian ini terdiri dari beberapa rancangan desain keamanan fisik pusat data yang menggunakan tiga tahapan awal dari metode PPDIOO dan disesuaikan dengan standar internasional TIA-942-A tier 1, tier 2 dan tier 3. Rancangan tersebut meliputi desain perangkat video surveillance system yaitu kamera CCTV berjenis IP camera dengan spesifikasi minimal 20 fps, desain keamanan kontrol akses menggunakan perangkat card dan biometric access pada pintu masuk ruang server, perangkat intrusion detection untuk pengawasan berupa sistem alarm untuk memproteksi ruangan, serta desain fire suppression system menggunakan FM200 clean-agent dengan bahan berbentuk gas untuk antisipasi bila terjadi kebakaran pada ruangan yang diproteksi.

Kata Kunci: Pusat Data, Keamanan Fisik, CCTV, Kontrol Akses, Fire Suppression, TIA-942-A.

Subjek

SECURITIES
 

Katalog

Analisis Dan Perancangan Keamanan Fisik Pusat Data Menggunakan Standar TIA-942 Di DISKOMINFO Pemerintah Kabupaten Bandung
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEDE ARWANDO
Perorangan
RD. ROHMAT SAEDUDIN, UMAR YUNAN KURNIA SEPTO HEDIYANTO
INDONESIA

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • ISH423 - MANAJEMEN PUSAT DATA
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini