PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT UNIVERSITAS TELKOM MENGGUNAKAN TOGAF ADM

NITA SINTYA DEWI

Informasi Dasar

17.04.2579
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Universitas Telkom merupakan salah satu perguruan tinggi swasta dibawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) yang bergerak dalam bidang pendidikan. Universitas Telkom memiliki tujuan untuk menjadi perguruan tinggi berkelas dunia yang aktif dalam bidang teknologi informasi. Pada era globalisasi Universitas Telkom dituntut untuk menghadapi kemajuan teknologi dan informasi yang berkembang dalam menjalankan kegiatan bisnisnya.

Dalam menjawab permasalahan tersebut maka dibutuhkanya suatu penyelarasan antara teknologi dan informasi. Menyelaraskan teknologi dan informasi dibutuhkan suatu metode agar dapat terealiasi dengan baik. Enterprise Architecture merupakan salah satu metode yang bertujuan dalam hal menyelaraskan antara bisnis dengan teknologi yang digunakan saat ini demi tercapainya suatu tujuan. Salah satu framework yang digunakan dalam Enterprise Architecture yaitu dengan menggunakan TOGAF ADM. Pada TOGAF ADM memiliki 9 fase. Dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai dengan 6 fase yaitu dimulai dari preliminary phase menjelaskan tahap persiapan dalam menyusun arsitektur, architecture vision menjelaskan dan mendefinisikan ruang lingkup yang digunakan dalam menyusun arsitektur, business architecture menjelaskan pengembangan arsitektur bisnis, information system architecture menjelaskan pengembangan arsitektur data serta aplikasi, technology architecture menjelaskan dalam pengembangan teknologi, dan opportunities and solutions, migration planning yang menghasilkan roadmap.

Penyusunan penelitian ini dilatarbelakangi dalam hal penerapan Enterprise Architecture pada Universitas. Penelitian berfokus pada fungsi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Telkom, dimana pada fungsi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat perlu adanya pengembangan dalam merancang serta menerapkan Enterprise Architecture untuk mendukung proses bisnis yang sedang berjalan. Penyusunan penelitian ini akan dihasilkan artifact-artifact dalam TOGAF ADM serta menghasilkan roadmap dalam pengembangan Teknologi Informasi.

Kata Kunci: Enterprise Architecture, TOGAF ADM, Universitas, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
 

Katalog

PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT UNIVERSITAS TELKOM MENGGUNAKAN TOGAF ADM
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NITA SINTYA DEWI
Perorangan
YULI ADAM PRASETYO, ASTI AMALIA NUR FAJRILLAH
INDONESIA

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR
  • ISH4Y3 - ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI LANJUT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini