PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI SUMBER DAYA KESEHATAN DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN BANDUNG MENGGUNAKAN TOGAF ADM

ANDHIKA SURYA PERDANA

Informasi Dasar

17.04.2576
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung merupakan dinas otonomi daerah yang secara struktur sepenuhnya berada dalam kewenangan pemerintahan daerah Kabupaten Bandung yang memiliki tugas menjalankan fungsi kesehatan di tingkat kabupaten. Di era saat ini, teknologi informasi menjadi salah satu faktor penunjang yang penting bagi organisasi atau perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, tidak terkecuali Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung. Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung membutuhkan adanya teknologi informasi dalam mendukung proses utamanya yaitu adalah pelayanan masyarakat di bidang kesehatan, tidak hanya secara umum namun juga fungsi-fungsi di dalamnya, salah satunya adalah Fungsi Sumber Daya Kesehatan.

Demi memenuhi kebutuhan teknologi informasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, perlu adanya analisis agar penerapan teknologi informasi dapat sesuai dengan strategi bisnis yang dimiliki. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya perancangan Enterprise Architecture pada Dinas Kesehatan untuk menyelaraskan antara strategi bisnis dengan teknologi informasi, terutama pada Fungsi Sumber Daya Kesehatan yang menjadi objek dalam penelitian ini. Framework yang dapat menjadi acuan dalam perancangan Enterprise Architecture adalah TOGAF ADM. TOGAF ADM memiliki 9 fase dalam melakukan perancangan Enterprise Architecture, namun dalam penelitian ini hanya akan dilakukan perancangan Enterprise Architecture pada fase Preliminary Phase, Architecture Vision, Business Architecture, Information System Architecture, Technology Architecture, Opportunities and Solution, dan Migration Planning.

Pada setiap fase pada TOGAF ADM akan dihasilkan artefak-artefak yang menjadi gambaran kondisi eksisting dan target dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, terutama pada Fungsi Sumber Daya Kesehatan. Artefak-artefak tersebut akan menjadi acuan bagi penelitian ini dalam menghasilkan rancangan Enterprise Architecture dalam bentuk Roadmap agar penerapan sistem dan teknologi informasi dapat memberikan benefit dalam menjalankan proses bisnis yang ada pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, terutama pada Fungsi Sumber Daya Kesehatan.

Kata Kunci: Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, enterprise architecture, framework, TOGAF ADM, roadmap

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
 

Katalog

PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI SUMBER DAYA KESEHATAN DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN BANDUNG MENGGUNAKAN TOGAF ADM
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDHIKA SURYA PERDANA
Perorangan
RD. ROHMAT SAEDUDIN, RIDHA HANAFI
INDONESIA

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini