PEMBANGUNAN BUSINESS INTELLIGENCE DASHBOARD DAN DATA MINING BERBASIS ERP DATA WAREHOUSE MENGGUNAKAN PENTAHO DENGAN METODOLOGI BUSINESS DIMENSIONAL LIFE CYCLE (STUDI KASUS: MODUL MANUFACTURING PADA CV KEMBAR MEKAR)

ABDURRAHMAN FADHIL AL HADI

Informasi Dasar

17.04.2528
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Kegiatan produksi di dalam suatu perusahaan merupakan elemen utama dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan. Proses produksi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap suatu produk yang dibutuhkan. Produksi dilakukan untuk memproses atau mentransformasikan kebutuhan tersebut menjadi produk yang beguna bagi konsumen. Proses produksi tentu melewati berbagai tahapan yang panjang mulai dari pengumpulan bahan mentah hingga akhirnya menjadi barang jadi. Dalam proses tersebut perlu adanya pemantauan terhadap kegiatan yang dilakukan dari hulu ke hilir suatu produksi. Hal ini dilakukan tercapainya visi dan misi perusahaan. Salah satu cara terbaik untuk memantau proses produksi pada perusahaan adalah dengan membangun business intelligence (BI). Business intelligence mampu menjawab kebutuhan perusahaan untuk meningkatkan kemampuannya dalam menganalisis, megevaluasi dan membantu dalam mengambil keputusan. Salah satu luaran dari business intelligence adalah dashboard dan data mining yang didalamnya berisi parameter-parameter tertentu yang dapat memonitor kinerja karyawan di perusahaan. Parameter tersebut menyajikan laporan mengenai perkembangan karyawan sehingga pengguna juga dapat mengetahui target yang ditetapkan dengan realisasi yang didapatkan. Metodologi penelitian ini menggunakan salah satu metodologi business dimensional life cycle, sebuah metodologi yang umum digunakan dalam membangun maupun mengembangkan business intelligence. Business dimensional life cycle merupakan metodologi yang mengintegrasikan tiga sudut pandang yakni teknologi, data, dan aplikasi. Dengan dibangunnya business intelligence berbasis data warehouse menggunakan Pentaho diharapkan CV Kembar Mekar dapat memantau kinerja karyawan sesuai dengan harapan sehingga top level management dapat mengambil keputusan untuk meingkatkan performa perusahaan. Kata Kunci: business intelligence, business dimensional life cycle, data warehouse, produksi, Pentaho, CV Kembar Mekar.

Subjek

BUSINESS INTELLIGENCE
 

Katalog

PEMBANGUNAN BUSINESS INTELLIGENCE DASHBOARD DAN DATA MINING BERBASIS ERP DATA WAREHOUSE MENGGUNAKAN PENTAHO DENGAN METODOLOGI BUSINESS DIMENSIONAL LIFE CYCLE (STUDI KASUS: MODUL MANUFACTURING PADA CV KEMBAR MEKAR)
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABDURRAHMAN FADHIL AL HADI
Perorangan
ARI YANUAR RIDWAN, RACHMADITA ANDRESWARI
INDONESIA

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IS3213 - ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
  • ISH4M3 - DATA WAREHOUSE DAN INTELIJEN BISNIS
  • ISH4A2 - METODE PENELITIAN DAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • IEH3N2 - PRAKTIKUM PERANCANGAN BISNIS DAN FASILITAS INDUSTRI
  • IEH4G2 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEH4CC3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS LANJUT
  • IEH4EF3 - SISTEM BISNIS RETAIL
  • IEH4GB5 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • IEI5F3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEI443 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • ISI4C2 - METODE PENELITIAN DAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini