PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI BERBASIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNNING PADA MODUL PURCHASING DAN INVENTORY MENGGUNAKAN ODOO DENGAN METODE ASAP DI CV. KEMBAR MEKAR

ARIANTO DARMA PUTRA

Informasi Dasar

17.04.2468
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV. Kembar Mekar merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi pakan ternak dan penggilingan beras. Ada berbagai produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini yaitu: beras berbagai kualitas, beras potong, bekatul, dedak, dan sekam. Perusahaan ini terletak di Jalan Sapan No. 27, Jongor Utara, Desa Serang Mekar, Ciparay, Kabupaten Bandung. Karena belum terintegrasinya proses pencatatan perusahaan, maka terdapat sejumlah potensi kesalahan pengelolaan data. Misalnya proses bisnis yang berlangsung saat ini sering kali menghasilkan dokumen yang tidak sesuai antara data yang ada pada bagian pengadaan dan bagian akuntansi. Begitu juga dalam proses pengadaan seringkali terjadi perbedaan pencatatan antara barang yang diminta, barang yang dipesan, dan dengan barang yang diterima sehingga terjadi kesalahan data pada bagian pengadaan dan bagian gudang. Selain itu masih terjadi redudansi data, duplikasi data, dan proses pembayaran yang cenderung lambat.

Berdasarkan permasalahan diatas maka dilakukan pembangunan sistem informasi berbasis Enterprise Resource Planning pada modul purchasing dan inventory menggunakan Odoo dengan metode ASAP. Pada tahap perancangan, peneliti melakukan wawancara dan observasi secara langsung dan merancang sistem berdasarkan proses bisnis eksisting dan proses bisnis yang ada pada sistem. Lalu akan mendapatkan keluaran proses bisnis usulan. Setelah proses bisnis usulan dibuat akan dilakukan instalasi, konfigurasi, kustomisasi, technical development, dan pembuatan prosedur penggunaan modul purchasing dan inventory. Kemudian dilakukan pengujian terhadap sistem seperti integration testing dan user acceptance testing untuk menentukan apakah sistem yang dibangun sudah sesuai kebutuhan dan dapat diimplementasikan pada perusahaan.

Dengan dilakukannya pembangunan sistem ERP berbasis Odoo modul purchasing dan inventory, aktivitas pengadaan dapat terdokumentasi dengan baik dan pelaporan aktivitas gudang di dalam perusahaan menjadi akurat. Selain itu bagian pengadaan dan bagian gudang dapat terintegrasi dengan bagian terkait seperti bagian produksi, bagian penjualan, dan bagian akuntansi sehingga informasi dapat disajikan dengan cepat dan realtime.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI BERBASIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNNING PADA MODUL PURCHASING DAN INVENTORY MENGGUNAKAN ODOO DENGAN METODE ASAP DI CV. KEMBAR MEKAR
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIANTO DARMA PUTRA
Perorangan
ARI YANUAR RIDWAN, RACHMADITA ANDRESWARI
INDONESIA

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • ISG3E3 - SISTEM MANAJEMEN LOGISTIK DAN PRODUKSI
  • ISH4S3 - KONFIGURASI DAN IMPLEMENTASI ERP
  • ISH4R3 - KUSTOMISASI ERP
  • ISH4T3 - ADOPSI ERP DAN MANAJEMEN PERUBAHAN
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • ISI4T3 - KONFIGURASI DAN IMPLEMENTASI ERP
  • ISI4S3 - KUSTOMISASI ERP
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini