ANALISIS DAN PERANCANGAN FASILITAS BANGUNAN DAN DATA CENTER LAYOUT BERDASARKAN TIERING LEVEL STANDAR TIA-942 DI PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG DENGAN METODE PPDIOO

FEBRYAN ELFANUARY AZIE

Informasi Dasar

17.04.2447
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstract

Dengan perkembangan dan penggunaan teknologi informasi yang semakin meningkat pada era ini, membuat suatu perusahaan harus bisa cepat beradaptasi untuk menggunakan teknologi informasi dalam perkembangan bisnisnya. Salah satunya, yaitu data center yang merupakan komponen pendukung utama dan berperan sangat penting karena untuk mendukung proses bisnis yang optimal pada suatu perusahaan, data center dituntut harus memberikan layanan yang optimal juga.

Pemerintah Kabupaten Bandung merupakan salah satu badan struktural pemerintahan yang mengurus keperluan masyarakat di wilayah Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan Rencana Jangka Panjang DISKOMINFO Pemerintah Kabupaten Bandung periode 2016-2020, akan dilakukan pengembangan ruang server menjadi data center. Oleh karena itu, dibutuhkan perancangan data center terkait fasilitas bangunan dan layout yang termasuk kebutuhan ruangan, sistem layout rak, dan sistem pengkabelan sebagai dasar untuk membantu dalam melakukan pengembangan yang mengacu pada Standar TIA-942. Dalam perancangan fasilitas bangunan dan data center layout ini, menggunakan metode PPDIOO Network Life-Cycle Approach dengan tiga tahapan, yaitu prepare, plan, dan design. Metode ini dipilih karena cocok dalam hal perancangan awal infrastruktur, memiliki cycle pada tahapnya, dan terdapat tahap optimize untuk pengembangan jangka panjang.

Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan usulan fasilitas bangunan dan data center layout untuk DISKOMINFO Pemerintah Kabupaten Bandung meliputi kebutuhan ruangan, sistem layout rak, dan sistem pengkabelan yang sesuai dengan Standar TIA-942.

Kata Kunci: Data center, TIA-942 Standard, PPDIOO Life-Cycle Approach, Building facilities, data center rooms, rack layout system, cabling system.

Subjek

ENTERPRISE
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN FASILITAS BANGUNAN DAN DATA CENTER LAYOUT BERDASARKAN TIERING LEVEL STANDAR TIA-942 DI PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG DENGAN METODE PPDIOO
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FEBRYAN ELFANUARY AZIE
Perorangan
RD. ROHMAT SAEDUDIN, UMAR YUNAN KURNIA SEPTO HEDIYANTO
INDONESIA

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

  • ISH423 - MANAJEMEN PUSAT DATA
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini