Babad Tanah Jawi

W.L. Olthof

Informasi Dasar

17.01.770
959.8
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
24

"Inilah Babad para Raja di Tanah Jawa..."

Di masa lalu, raja-raja di tanah Jawa dikenal gemar memamerkan silsilah atau asal-usul garis keturunannya sebagai alat legitimasi untuk melanggengkan kekuasaannya. Babad Tanah Jawi yang dikumpulkan di masa pemerintahan Raja Paku Buwana I pada awal abad ke-18 hingga masa pemerintahan Paku Buwana III, dipercaya oleh beberapa ahli sebagai salah satu sarana yang digunakan kerajaan untuk keperluan legitimasi tersebut.

Teks asli Babad Tanah Jawi memuat silsilah raja-raja Jawa dari Nabi Adam, dewa-dewi dalam agama Hindu, tokoh-tokoh dalam Mahabharata, Cerita Panji Masa Kediri, Masa Kerajaan Pajajaran, Masa Majapahit hingga Masa Demak yang kemudian dilanjutkan lagi dengan silsilah Kerajaan Pajang, Mataram, dan berakhir pada masa Kartasura.

Naskah Babad Tanah Jawi ini pun telah diterbitkan dalam berbagai versi, salah satunya adalah Babad Tanah Jawi yang disusun oleh W.L. Olthof tahun 1941. Isinya adalah babad para raja di tanah Jawa, mulai dari Nabi Adam hingga Pangeran Purbaya. Dengan penulisan yang naratif, buku ini dapat menjadi bacaan yang menarik bagi khalayak luas.

Subjek

History of west java
 

Katalog

Babad Tanah Jawi
9791684944
xii,800p.; ill.;18,5cm.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

W.L. Olthof
Perorangan
 
 

Penerbit

Narasi
Yogyakarta
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini