Klasifikasi Anjuran, Larangan dan Informasi pada Hadis Sahih Al-Bukhari berdasarkan Model Unigram menggunakan Artificial Neural Network (ANN)

ELIZA RIVIERA RACHMAWATI JASIN

Informasi Dasar

17.04.2271
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Umat Islam memiliki kepercayaan pedoman dalam hidupnya yang merujuk kepada Al-quran dan Hadits. Ada beberapa hadits yang sering kita dengar, namun para ulama sepakat hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari berpegang teguh pada tingkat kesahihan paling tinggi. Untuk itu banyak umat islam yang mempelajari dan mendalami ilmu hadits. Dalam upaya pembelajaran ilmu hadits dalam era yang serba teknologi ini tentunya tidak luput dari perkembangan dunia digital ini. Oleh karena itu penulis ingin melakukan sebuah penelitian klasifikasi anjuran, larangan, dan informasi pada Hadits Sahih Al-Bukhari yang diharapkan dapat mengembangkan aplikasi yang ada dan membantu masyarakat untuk lebih mudah mempelajari ilmu hadits. Klasifikasi akan terbagi menjadi tiga buah kelas, yaitu hadits yang merupakan kalimat anjuran, larangan, dan informasi. Metode yang akan digunakan dalam klasifikasi ini ialah menggunakan n-gram model dan Artificial Neural Network (ANN). Metode tersebut dipilih berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya mengenai klasifikasi hadis menggunakan ANN yang di lakukan oleh M. Arshi Shaloot, Norisma Idris, Rohana Mahmod yang menghasilkan hasil akurasi sebesar 94%. Pada penelitian ini dilakukan beberapa scenario pengujian dengan memodifikasi tahapan preprocessing, feature extraction, dan parameter ANN. Pengujian tersebut menghasilkan hasil evaluasi terbesar yaitu 85% dengan menggunakan precision, recall, dan f1-score.

Subjek

COMPUTER SCIENCE
 

Katalog

Klasifikasi Anjuran, Larangan dan Informasi pada Hadis Sahih Al-Bukhari berdasarkan Model Unigram menggunakan Artificial Neural Network (ANN)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELIZA RIVIERA RACHMAWATI JASIN
Perorangan
Said Al Faraby, Adiwijaya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CDG4K3 - DATA MINING
  • CIG4A3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • CIG4B3 - SOFT COMPUTING
  • CD1213 - PENGGALIAN DATA TEKS
  • CCH3F3 - KECERDASAN BUATAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini