ANALISIS PENGARUH PENERAPAN TEKNIK DIAGONAL ALGEBRAIC SPACE-TIME-FREQUENCY BLOCK CODE PADA MIMO-OFDM

CITRA DEWI ANGGRAENI

Informasi Dasar

17.04.2202
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penurunan kualitas komunikasi akibat kanal yang mengandung propagasi multipath dan Doppler shift pada komunikasi nirkabel tidak dapat dihindarkan, namun dapat diminimalisasi salah satunya dengan penggunaan teknik MIMO-OFDM. Teknik MIMO yang dapat memperkuat sinyal, dan OFDM yang dapat meningkatkan kapasitas sistem, membuat MIMO-OFDM menjadi solusi yang tepat. Namun begitu, pemilihan teknik pengkodean untuk MIMO-OFDM juga tak kalah pentingnya.

Pada tugas akhir ini telah dilakukan analisis terhadap sistem MIMO-OFDM yang menerapkan Diagonal Algebraic Space-Time-Frequency Block Code (DASTFBC) sebagai teknik pengkodeannya. Teknik DASTFBC merupakan kombinasi dari Diagonal Algebraic dengan tiga kombinasi diversitas yang umum digunakan pada MIMO, yaitu diversitas antena (space), waktu (time), dan frekuensi (frequency). Sistem DASTFBC MIMO-OFDM diuji kinerjanya pada berbagai kondisi kanal dan modulasi, dengan sistem STBC MIMO-OFDM sebagai pembanding. Variasi kanal yang digunakan mengikuti model kanal rekomendasi ITU-R M.1225 yaitu model kanal Pedestrian A dan Vehicular A. Sedangkan untuk variasi modulasi, digunakan 16 QAM dan 64 QAM.

Hasilnya, sistem DASTFBC ini cocok untuk komunikasi low mobility. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa sistem DASTFBC ini dapat digunakan pula pada kecepatan tinggi dan kanal yang mengandung banyak pantulan (propagasi multipath). Terbukti pada kanal Pedestrian A dengan kecepatan 3 Km/Jam, ditinjau pada SNR 30 dB, diperoleh BER DASTFBC $5,8x10^{-3}$, sedangkan STBC sebesar $2,8x10^{-2}$. Pada kanal Vehicular A kecepatan 120 Km/Jam ditinjau pada SNR 30 dB, diperoleh BER DASTFBC sebesar $6,6x10^{-3}$ sedangkan pada STBC $6,9x10^{-3}$. Untuk mengoptimalkan sistem DASTFBC dapat digunakan modulasi 64 QAM. Terbukti pada modulasi 64 QAM ditinjau pada SNR 30 dB kinerja DASTFBC dapat semakin berimpit dengan STBC, diperoleh BER DASTFBC sebesar $33,6x10^{-3}$ sedangkan STBC $31,2x10^{-3}$. Selain itu, penggunaan modulasi 64 QAM mendukung komunikasi high data rate, sesuai dengan tuntutan pada komunikasi nirkabel saat ini.

Kata kunci : MIMO-OFDM, DASTFBC, STBC

Subjek

WIRELESS COMMUNICATION SYSTEM
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH PENERAPAN TEKNIK DIAGONAL ALGEBRAIC SPACE-TIME-FREQUENCY BLOCK CODE PADA MIMO-OFDM
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CITRA DEWI ANGGRAENI
Perorangan
Rina Pudji Astuti, Desti Madya Saputri
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • TTG3B3 - SISTEM KOMUNIKASI II
  • TTG4A3 - SISTEM KOMUNIKASI NIRKABEL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini