ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNAAN APLIKASI I-GRACIAS MENGGUNAKAN INTEGRASI WEB USABILITY DAN MODEL KANO (STUDI KASUS PADA DOSEN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TELKOM)

ALMIRA FAWNIA

Informasi Dasar

17.04.2075
658.83
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sebuah aplikasi portal akademik dibuat dengan tujuan untuk dapat memberikan pelayanan kepada pihak kampus seperti mahasiswa, dosen dan pegawai sebagai fasilitas yang dapat digunakan kapan saja dan dimanapun. i-Gracias merupakan sebuah aplikasi berbasis website akademik yang berisi informasi mengenai Universitas Telkom mengenai proses pendidikan dan pengelolaan kampus dimana setiap pihak memiliki hak akses dimana saja, baik diluar maupun di dalam lingkungan kampus dengan menggunakan jaringan internet. Namun dalam pengaplikasiannya sejak tahun 2013, i-Gracias mengalami banyak kendala dan keluhan yang dirasakan oleh penggunanya sehingga diperlukan adanya identifikasi kebutuhan user terhadap penggunaan aplikasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi 24 atribut kebutuhan user berdasarkan hasil wawancara terhadap dosen Fakultas Teknik Universitas Telkom. Web Usability digunakan untuk mengukur kepuasan user terhadap layanan yang ada untuk mengidentifikasi atribut yang tergolong lemah untuk kemudian diperbaiki. Selain itu, penelitian ini juga dapat mengetahui pengaruh masing-masing atribut terhadap tingkat kepuasan berdasarkan pengelompokan atribut kedalam kategori Kano. Dengan mengintegrasikan model Kano dan Web Usability maka dapat diberikan rekomendasi terhadap atribut kebutuhan yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan dalam penggunaan aplikasi i-Gracias. Berdasarkan hasil dari integrasi Web Usability dan Model Kano didapatkan 13 True Customer Needs yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan dengan mempertimbangkan tingkat kepuasan dan pengaruh masing-masing atribut terhadap kepuasan user.

Kata kunci : Portal Akademik, Universitas, Aplikasi, Model Kano, Web Usability, Analisis kebutuhan, True Customer Needs.

Subjek

MARKETING RESEARCH
 

Katalog

ANALISIS KEBUTUHAN PENGGUNAAN APLIKASI I-GRACIAS MENGGUNAKAN INTEGRASI WEB USABILITY DAN MODEL KANO (STUDI KASUS PADA DOSEN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALMIRA FAWNIA
Perorangan
SARI WULANDARI, IKA ARUM PUSPITA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4H4 - TUGAS AKHIR
  • IEH4FD3 - RISET PEMASARAN
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • IEI5H3 - RISET PEMASARAN
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini