DESAIN DAN IMPLEMENTASI ANTARMUKA UNTUK ADMINISTRATOR DAN DOSEN PADA UJIAN DARING BERBASIS WEB

JIHAD ARDIANSYAH

Informasi Dasar

17.06.517
006.76
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Selama ini semua proses pelaksanaan ujian di Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi masih bersifat konvensional, dengan kata lain bahwa pelaksanaan ujian hanya dapat dilakukan dengan syarat terjadinya setelah pertemuan antara mahasiswa dengan dosen didalam kelas. Jika pertemuan antara mahasiswa dengan dosen tidak terjadi atau dosen yang bersangkutan tidak hadir dan waktu pertemuan yang dibatasi pihak kampus, maka secara otomatis proses pelaksanaan ujian terhambat. Selain itu dalam pembuatan soal ujian, penggandaan soal ujian, evaluasi ujian dan lain-lain, masih menggunakan media kertas. Hal tersebut menyebabkan kurangnya efisiensi kertas dan waktu pemeriksaan ujian serta banyaknya mahasiswa dapat membuat berkas ujian tercampur dengan berkas lainnya.

Berdasarkan masalah yang ada dibuatlah sebuah aplikasi ujian daring berbasis website. Dengan adanya ujian daring, dosen dengan mudah membuat soal dimana saja dan kapan saja karena dapat diakses melalui internet. Untuk itu aplikasi ujian daring dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan untuk databasenya menggunakan Mysql. Sistem kerjanya dosen mendapatkan akun dari administrator untuk dapat memasukan soal yang kemudian diproses oleh sistem setelah cocok maka soal tersebut langsung disimpan dalam database.

Setelah dilakukan pengujian dan implementasi aplikasi ujian daring didapatkan hasil kesimpulan diantaranya: Aplikasi ujian daring dapat membantu dosen dalam membuat soal secara online melalui webiste ujian daring yang telah dibuat. Untuk hasil pengujian subjektivitas terhadap dosen mendapatkan hasil 4,6 sedangkan dari pengujian subjektivitas terhadap administrator medapatkan 4,83 berdasarkan penilaian rata-rata nilai kuesioner. Dan dari hasil pengujian beban web server menggunakan web stress Tool v8 dan apache benchmark diketahui bahwa kemampuan server dapat melayani dengan baik ketika diakses 50-100 user tanpa terjadi error.

Kata Kunci: Ujian, Ujian Daring, PHP, MySQL

Subjek

WEBSITE
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI ANTARMUKA UNTUK ADMINISTRATOR DAN DOSEN PADA UJIAN DARING BERBASIS WEB
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JIHAD ARDIANSYAH
Perorangan
Hafidudin, Rohmat Tulloh
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini