Identifikasi Proses Suksesi pada Pendopo 45 Hotel & Resto

WOSSE MUHAMMAD ARIF SANI

Informasi Dasar

17.04.2015
338.04
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bisnis keluarga yang sukses adalah bisnis yang berjalan dari generasi ke generasi dan berjalan dengan kemampuan yang lebih besar, serta berdaya tahan cukup baik. Di Amerika Serikat, 90% dari perusahaan besar adalah bisnis keluarga atau perusahaan yang dikelola oleh keluarga. Tetapi dari perusahaanperusahaan tersebut, hanya 30% yang dapat bertahan sampai generasi kedua. Sedangkan 70% gagal untuk bertahan sampai generasi kedua. Dan kurang lebih hanya 10% yang mampu bertahan sampai generasi ketiga. Sedangkan di Indonesia sendiri, survei menunjukkan bahwa 88% perusahaan swasta nasional berada di tangan keluarga. Namun, hanya 5% dari perusahaan keluarga yang mampu bertahan hingga generasi keempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses suksesi yang dilakukan oleh Pendopo 45 Hotel & Resto. Proses suksesi tersebut harus dapat memastikan bahwa pemimpin selanjutnya telah sesuai dengan kriteria dalam dimensi kesiapan suksesor dan relasi dalam keluarga. Kesesuaian proses suksesi dengan kriteria yang ada akan menunjukkan kemampuan perusahaan untuk dapat melanjutkan keberlangsungan bisnis keluarga di masa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data yang peneliti peroleh didapat dari wawancara dengan informan yang telah ditentukan, dokumentasi, serta jurnal penelitian lainnya. Pemilihan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini berdasarkan dimensi kesiapan calon suksesor, calon suksesor telah memenuhi syarat dan kriteria untuk menggantikan incumbent. Walaupun sebenarnya calon suksesor kurang dalam memiliki pengalaman kerja dan pelatihan di bidang hospitality atau perhotelan. Sedangkan, berdasarkan dimensi relasi dalam keluarga, calon suksesor telah memenuhi syarat dan kriteria untuk menggantikan incumbent. Suksesor telah memiliki komunikasi yang baik dan mendapat dukungan dari anggota keluarga dan staf professional perusahaan .
Berdasarkan hasil penelitian, untuk tetap bisa bertahan dalam dunia bisnis, incumbent Pendopo 45 Hotel & Resto seharusnya melakukan pelatihan secara khusus terhadap calon suksesor. Pelatihan yang dilakukan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan calon suksesor agar memiliki kemampuan yang lebih baik dan dapat mempelajari pengalaman yang dialami incumbent, nilai serta budaya perusahaan. Calon suksesor juga akan lebih baik apabila telah memiliki pengalaman di luar perusahaan dibidang perhotelan agar memiliki pandangan dan memahami dunia perhotelan secara lebih mendalam.

Kata Kunci: Bisnis Keluarga, Proses suksesi, Dimensi kesiapan suksesor, Dimensi relasi dalam keluarga

Subjek

ENTREPRENEUR
 

Katalog

Identifikasi Proses Suksesi pada Pendopo 45 Hotel & Resto
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WOSSE MUHAMMAD ARIF SANI
Perorangan
Sisca Eka Fitria
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini