IMPLEMENTASI SISTEM OPERASI CLOUD MENGGUNAKAN OPENNEBULA SEBAGAI PENYEDIA LAYANAN VoIP

WAHIDIN ISLAMIANTO

Informasi Dasar

17.06.499
004.678 2
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

Cloud merupakan suatu kebutuhan primer bagi semua orang terutama pada era digital. Voip dan video call merupakan layanan yang didukung oleh arsitektur cloud opennebula, salah satunya kamailio SIP server yang dapat diintegrasikan dengan opennebula. Permasalahan kebutuhan VoIP muncul disaat meningkatnya kebutuhan teknologi untuk berkomunikasi dengan layanan multimedia yang berbasis IP.

Untuk mengatasi permasalahan diatas, maka dibuatlah sebuah pengimplementasian teknologi cloud opennebula yang digunakan sebagai penyedia layanan VoIP berbasis suara dan video call. Cloud opennebula digunakan sebagai tempat mengatur resource yang dimanfaatkan sebagai server VoIP. Server VoiP yang digunakan yaitu kamailio SIP server. Pada sisi client software yang digunakan bernamakan linphone. Hardware yang digunakan berupa smartphone dan laptop yang digunakan sebagai media untuk melakukan panggilan.

Pada proyek akhir ini diperoleh hasil QoS dan performance. Pada pengujian performance ditemukan bahwa hasil terbaik pada VoIP pada spesifikasi ram 3gb dan disk 10gb. Pada hasil pengujian performance menggunakan 10 user yang saling berkomunikasi menunjukan bahwa kenaikan pada ram usage, disk usage dan cpu usage terjadi karena penaikan jumlah user yang melakukan panggilan. Pada pengukuran Qos voice dan video call pada jarak 7 meter diperoleh hasil bahwa komunikasi VoIP mendapatkan hasil terbaik. Pada jarak 7M diperoleh hasil voice delay rata-rata 0,1ms, throughput rata-rata 76Kbps dan packet loss rata-rata 0,05%. Pada hasil video call diperoleh hasil delay rata-rata 8,81ms, throughput rata-rata 410Kbps dan packet loss rata-rata 0,07%.

Kata Kunci : Sistem Operasi, Cloud, Opennebula, Server, QOS

Subjek

CLOUD COMPUTING
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM OPERASI CLOUD MENGGUNAKAN OPENNEBULA SEBAGAI PENYEDIA LAYANAN VoIP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHIDIN ISLAMIANTO
Perorangan
UNANG SUNARYA, ARIS HARTAMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini