DAUR ULANG ENERGI KINETIK DARI POLISI TIDUR (SPEED BUMP) UNTUK PENGHASIL LISTRIK (Kinetic Energy Recycling Of Speed Bump To Generate an Electricity)

MUHAMAD KHABIB FATHONI

Informasi Dasar

17.06.497
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Polisi tidur merupakan salah satu alat pengaman yang digunakan untuk jalan. Kitabisa menjumpai banyaknya polisitidur di sekitar kita,akan tetapi pemanfaatan polisi tidur selain sebagai alatkeselamatan berlalulintas, masih sangatlah jarang kita temukan, khususnya di indonesia. Dari permasalahan ini,muncul sebuah gagasan untuk merancang sebuah alat, yang pada penerapannya bisa memanfaatkan polisi tidur, maka terciptalah sebuah perancngan pembangkit listrik dengan sumber penggerak generator dari polisi tidur dan dilengkapi dengan kemampuan pengiriman informasi secara wireless. Dengan menggunakan mikrokontroler dan relay sebagai pusat pengendali dari keluaran yang dihasilkan, dan penggunaan modul GSM A7 sebagai pengirim informasi kepada pengelola alat. Hasil keluaran berupa pembangkitn daya dan pengiriman informasi secara wireless. Sistem ini bekerja dengan generator DC sebagai pembangkit listrik, baterai dengankapasitas 1000mAh sebagai media penyimpanan daya, sertaArduino Uno dan Relay sebagai kontrol sistem, dan modul GSM A7 akan mengirimkan pesan singkat kepada pengelola (pemilik) pada. Sehingga pemilik bisa mengganti baterai penampungan yang penuh tersebut dengan yang masih kosong. Dari hasil pengujian, besarnya keluaran listrik yang dihasilkan antara 0.6 – 0.99 VDC, dan pengiriman pesan singkat dilakukan pada saat tegangan pada baterai penampungan terbaca 4.0 V.

Kata kunci : mikrokontroler, generator, modul GSM, relay

Subjek

Electronic power
 

Katalog

DAUR ULANG ENERGI KINETIK DARI POLISI TIDUR (SPEED BUMP) UNTUK PENGHASIL LISTRIK (Kinetic Energy Recycling Of Speed Bump To Generate an Electricity)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD KHABIB FATHONI
Perorangan
SUGONDO HADIYOSO, DWI ANDI NURMANTRIS
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini