Analisis Pengaruh Return on Equity, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan terhadap Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan (Studi pada Perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015)

INDAH NUR FITRIANTI

Informasi Dasar

17.04.1616
650.0285
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan keuangan merupakan sumber informasi dari suatu perusahaan atau badan usaha selama periode tertentu yang dapat mengambarkan kondisi yang sebenarnya mengenai suatu perusahaan atau badan usaha tersebut. Pembuatan laporan keuangan perusahaan ditujukan untuk pihak eksternal dan pihak internal perusahaan. Pihak internal perusahaan yang dimaksud adalah manajer, direktur, dan pegawai perusahaan. Pihak eksternal perusahaan seperti investor, kreditor, pemegang saham, pemerintah, masyarakat umum, dan pihak-pihak yang berkepentingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan penelitian mengenai kelengkapan pengungkapan dalam laporan keuangan perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011 sampai dengan tahun 2015. Tujuan lainnya adalah untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh return on equity, leverage, ukuran perusahaan dan umur perusahaan terhadap kelengkapan pengungkapanlaporan keuangan perusahaan farmasi. Kelengkapan laporan keuangan diukur dengan menggunakan indeks kelengkapan, variabel return on equity diukur dengan menggunakan rasio ROE, leverage diukur dengan menggunakan debt ratio, ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan rumus log natural, dan variable umur perusahaan diukur dengan menggunakan tahun listing. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Berdasarkan purposive sampling diperoleh 6 sampel perusahaan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi dengan menggunakan software eviews 9.5. Hasil penelitian menunjukan bahwa return on equity, leverage, ukuran perusahaan dan umur perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Variabel return on equity dan umur perusahaan berpengaruh secara signifikan dengan arah yang positif terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Sedangkan variabel leverage dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Analisis Pengaruh Return on Equity, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan terhadap Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan (Studi pada Perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INDAH NUR FITRIANTI
Perorangan
Norita, Wiwin Aminah
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2017

Koleksi

Kompetensi

  • ACH3E3 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN
  • EAI3123 - ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini